Air Terjun Tlogo Muncar atau juga dikenal dengan Air Terjun Kaliurang merupakan salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Sleman. Terletak di kawasan Wisata Kaliurang yang berada di lereng Gunung Merapi memberikan udara sejuk di sekitar air terjun. Tempat wisata air terjun yang satu ini memiliki ketinggian sekitar 30 hingga 40 meter dan berada di ketinggian 878 meter diatas permukaan air laut sehingga memiliki suhu udara sekitar 20 hingga 25 derajat celcius. Sumber air dari  Wisata Alam Air Terjun ini  berasal dari lereng Bukit Plawngan yang berada tak jauh dari lokasi. Namun saat kondisi musim kemarau aliran air dari Air Terjun ini tidak begitu deras seperti pada saat musim penghujan.

Baca Juga : Wisata Alam Kaliadem dan Lava Tour
Baca Juga : Wisata Alam Kalikuning

Air Terjun Tlogo Muncar berada di satu kawasan dengan Taman Nasional Gunung Merapi, tepatnya berada di Desa Harjobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Yogyakarta. Di lokasi Taman Gunung Merapi memang banyak sekali tempat tempat yang menarik yang terjadi akibat proses meletusnya gunung merapi. Lokasi ini juga sempat terkena dampak letsan Gunung Merapi beberapa tahun lalu yang mengakibatkan aliran airnya tak sederas biasanya. Loksinya yang berjarak 28 kilometer dari pusat kota Yogyakarta tak sulit untuk bisa menuju ke Air Terjun Tlogo Muncar. Lokasi wisata air terjun ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua, mobil, atau bahkan bus pariwisata. Jalan menuju tempat wisata  Air Terjun Tlogo Muncar juga sudah beraspal mulus hingga lokasi.

Air Terjun Tlogo Muncar
Air Terjun Tlogo Muncar

Pengunjung hanya perlu membayar retribusi wisata sebesar 8.000 rupiah per orang untuk bisa menikmati kesegaran dari Air Terjun Tlogo Muncar. Karena Air Terjun Tlogo Muncar juga berada di kawasan Wisata Kalurang, fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap. Fasilitas seperti toilet, tempat ibadah, dan warng makan juga tersedia di kawasan ini. Bagi pengunjung yang ingin menginap, di sekitar lokasi juga tersedia banyak penginapan yang harganya sangat terjangkau. Bagi anda yang suka berfoto-foto tempat yang satu ini juga bisa menjadi sasaran objek foto anda atau Jika Anda ingin langsung pulang, ada juga tempat yang menjual bermacam-macam oleh oleh khas wisata Air Terjun tlogo Muncar. Jadi, selamat berwisata

Penulis : Dian Ayu SP
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : ksmtour

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account