Aplikasi Petani Go Online – Sudah menjadi kewajiban kita saat ini untuk terus mempelajari teknologi. Dngan kemajuan teknologi yang setiap hari terus berkembang dan menjadikan itu kemudahan bagi yang menggunakannya. Bahkan di Sleman tau Jogja yang bisa di bilang sebagai pusat perkembangan teknologi dikarenakan banyaknya universitas dan mahasiswa yang berlomba mengembangkan teknologi itu sendiri.

Mulai dari aplikasi berbasis Dekstop sampai Web, mulai dari yang sederhana hingga yang luar biasa. Dan tentunya ada di berbagai bidang, hal ini dikarenakan keingann untuk menjadiakn pekerjaan lebih efisien dan efektif. Nah Satu bidang yang menggunakan aplikasi adalah bidangpertanian, yaitu Aplikasi Petani Go Online.

Baca Juga: Modifikasi Yamaha Nmax 150 Tahun 2015 Magelang
Baca Juga: Biografi Ustadz Abdul Somad
Bacca Juga: Jasa Pembuatan Website Profesional

Dengan Aplikasi Petani Go Online, Kini kemajuan teknologi pun bisa dirasakan oleh petani di Kabupaten Sleman. Kementerian Kominfo RI yang meluncurkan program Petani Go Onlinel ini selaras dengan program pengembangan smartcity Kabupaten Sleman.

Dengan adanya program tersebut para petani dapat dengan langsung melakukan proses penjualan hasil pertanian kepada konsumen. Aplikasi Petani Go Online adalah hasil kerjasama Kementerian Kominfo dengan Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Sleman.

Aplikasi Petani Go Online ini mengajak seluruh petani Sleman untuk menggunakan teknologi melalui aplikasi PETANI dan REGOPANTES. Melalui aplikasi ini, seluruh petani Sleman yang memiliki produk olahan atau produk tani mentahan tak hanya dapat menjual produk secara langsung ke konsumen tetapi juga mendapatkan harga yang sesuai dengan jerih payah yang dikeluarkan, menarik bukan.

Di kutip dari tribunnews: Di sela-sela kegiatan edukasi program Petani Go Online di UPT BP4 Wilayah V Pakem Sleman, beberapa waktu lalu, Septriana Tangkary Direktur Pemberdayaan Industri Informatika, Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo menyampaikan bahwa aplikasi Petani Go Online ini memang sangat dibutuhkan petani.

“Aplikasi Petani Go Online bertujuan memutus mata rantai dari tengkulak-tengkulak dengan harga tinggi. Biasanya mereka (petani) hanya dihargai sebatas pupuk dan benih, tapi hari ini dengan adanya marketplace ini hasil karya dari mereka bekerja juga terhitung,” jelas Septriana.

Dengan adanya Aplikasi Petani Go Online diharapkan dapat menunjang gerakan smart regency di Kabupaten Sleman dengan melibatkan peran aktif masyarakat. Untuk menjalankan smart city semua aspek harus mengena dan tidak hanya teknologinya saja, masyarakat juga harus mengerti dan paham tentang fungsi teknologi itu sendiri.

Aplikasi Petani Go Online dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan para petani agar dapat menggunakannya dengan mudah, hal ini sangat penting karena tidak memungkiri banyak warga yang masih awam tentang teknologi.

Teknologi Aplikasi Petani Go Online
Teknologi Aplikasi Petani Go Online

Kabuten Sleman yang juga sedang gencar mempromosikan Beras Sleman. Namun sertifikasi merek logo ‘Beras Sleman’ masih dalam proses. Dan diharapkan akan selesai secepat mungkin sehingga ini akan menjadi terobosan yang baik untuk petani Sleman.

Selain itu Kabupaten Selman juga  telah menyusun beberapa program pendukung seperti tersedianya dokumen kajian sistem informasi terpadu pertanian berbasis GIS (Geographic information system) dan pembuatan sistem informasi terpadu pertanian berbasis GIS. Bagaimana, menarik bukan untuk di ikuti.

Dengan semakin majunya teknologi yang akan di sematkan di Kabupaten Sleman di harapkan ini menjadi langkah Maju Pemerintah Sleman, untuk meningkatkan mutu dan kualiotas Kabupaten Sleman. Dan menjadi Smartcity yang bisa di contoh Kabupaten lainnya, diu Indonesia.

Teknologi Smartcity Kabupaten Sleman

Sumber Gambar: jowonews

Supra Yoga Pratama

leave a comment

Create Account



Log In Your Account