Ayam Betutu Jogja khas Gilimanuk bukan berarti lokasinya ada di Gilimanuk, Bali. Ayam Betutu ini ada di daerah Jalan Damai tepatnya di Jalan Watugede No 2 X Mudal Sariharjo, Nganglik, Sleman Jogja. Jika mengunjungi retauran ini, selain makanannya yang khas Bali, tempat yang disediakan juga menggunakan suasana dan nuansa khas Bali. Ayam Betutu Jogja ini juga memiliki logo yang sangat unik, sehingga menjadi ciri khas dari restauran ini. Sesuai dengan namanya, restauran ini memiliki menu andalan yaitu ayam betutu khas Gilimanuk. Ayam betutu disajikan dengan 2 macam yaitu ayam betutu basah dan ayam betutu goreng. Tersedia juga paket ayam betutu dari ayam betutu utuh, ayam betutu 1/2 dan ayam betutu 1/4.

Baca Juga : Jadah Tempe. Kuliner Kesukaan Sultan
Baca Juga : Entok Slenget Kang Tanir 

Wisata Kuliner Restauran Ayam Betutu Jogja ini menyajikan ayam betutu yang dimasak dengan bumbu yang sebagian besar adalah rempah-rempah, karena ayam betutu ini memang merupakan kuliner khas Bali yang memiliki rasa rempah yang kuat. Sepintas, tampilan ayam betutu ini menyerupai opor, yang membedakan adalah rasanya, karena untuk memasak ayam betutu ini tidak perlu menggunakan santan seperti opor. Selain pilihan paket dan macamnya, di restauran ini juga dapat memilih jenis ayamnya, antara ayam kampung dan ayam potong. Juga ada daging bebek untuk pilihan daging menu betutunya. Menu khas Bali lainnya yang ada di restauran ini yaitu sate lilit. Sate lilit terbuat dari daging ayam giling yang dicampur dengan parutan kelapa muda yang diberi bumbu rempah.

Ayam Betutu Jogja
Ayam Betutu Jogja

Selain itu di  Resto Ayam Betutu Jogja ini ada juga nasi campur khas Bali yang hidangannya berisi nasi putih yang disajikan bersama sate lilit, ayam sisit, telur, plencing kangkung, sambal terasi, sambal matah, kacang goreng dan kuah betutu. Dengan memesan nasi campur ini, pengunjung sudah bisa merasakan beragam masakan khas Bali dalam satu porsi hidangan. Tidak hanya menyediakan menu khas Bali, restauran Ayam Betutu Jogja ini juga menyajikan menu lain seperti aneka penyetan, juga ada menu bebakaran. Restauran Ayam Betutu ini buka dari pukul 12 siang hingga pukul 10 malam, selain menu dan suasana yang khas Bali, daerah restauran yang dekat dengan persawahan membuat suasana restauran ini semakin adem. Tak perlu jauh-jauh sampai Bali hanya untuk menyantap makanan khasnya, cukup ke restauran Ayam Betutu Jogja khas Gilimanuk ini, rasa puas karena kangen dan penasaran akan makanan khas ini akan terbayar.

Penulis : Anggita F
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : PerutGendut

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account