Ayam Pedas Arto Moro

wisata kuliner ayam pedas arto moro

Ayam Pedas Arto Moro berlokasi di jalan Palagan Tentara Pelajar km 7, jika dari arah perempatan Monjali, cukup menuju ke arah utara, melewati hotel Hyatt sekitar 500 m akan menemukan wisata kuliner rumah makan Ayam Pedas Arto Moro di kiri jalan. Tempatnya berbentuk rumah, ruangannya luas dan cocok sekali untuk tempat berkumpul bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Sesuai dengan namanya, rumah makan ini terkenal dengan menu ayam pedasnya. Menurut pegawai yang ada di Ayam Pedas Arto Moro ini, ayam pedas mereka berbeda dengan ayam pedas yang ada di rumah makan lainnya yang biasanya pedasnya dihasilkan dari sambal.

Baca Juga : Wisata Budaya Sleman
Baca Juga : Wisata Alam Tebing Breksi Sleman

Menu Ayam Pedas yang ada di rumah makan ini memang berbeda jika dilihar dari cara memasaknya. Daging ayam yang mereka gunakan merupakan daging ayam kampung. Memasak daging ayamnya pun tidak hanya sekali saja, melaunkan dua kali. Ayam pertama-tama dimasak dengan jumlah air yang banyak hingga airnya habis dan menyisakan ayam dan bumbu. Kemudian, ayamnya dimasak lagi bersama bumbu pedas yang terdiri dari bumbu rempah seperti, bawang merah, bawang putih, serai, cabai dan santan agar rasa ayam yang dihasilkan semakin gurih. Terakhir, ketika sudah dimasak, ayam tersebut baru dibakar kemudian dioles dengan bumbu pedas dan juga bumbunya disajikan sebagai toping bersama ayamnya. Jadi, untuk menyantap ayam pedas ini tidak perlu lagi adanya sambal.

wisata kuliner ayam pedas arto moro

wisata kuliner ayam pedas arto moro

Proses memasak yang lama itu menghasilkan daging ayam yang sangat empuk dan bumbunya yang mempunyai rasa gurih dan pedas yang meresap hingga ke dalam daging. Namun, jangan khawatir bagi para pecinta kuliner yang tidak terlalu menyukai rasa pedas, karena di rumah makan Ayam Pedas Arto Moro ini juga menyajikan ayam bakar manis yang juga tidak kalah nikmatnya. Selain itu juga ada beberapa menu lainnya yang dapat dijadikan sebagai pendamping menyantap ayam. Menu-menu lain yang ada di rumah makan Ayam Pedas Arto Moro ada sayur asem, pete, tempe dan tahu goreng. Untuk harga, satu buah ayam pedas atau manis diberi harga Rp. 17.000, sesuai dengan daging ayamnya yang menggunakan ayam kampung dan rasanya yang nikmat. Rumah makan Ayam Pedas Arto Moro ini buka mulai pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam.

Penulis : Anggita F Cinca
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : kotajogja

Yuk bagikan