Bakmi Jawa Mbah Dumuk ini sangatlah terkenal dan merupakan salah satu wisata kuliner bakmi jawa yang melegenda di daerah Sleman. Lokasi Bakmi Jawa Mbah Dumuk ini di Jalan Magelang km 12, tepatnya di seberang pasar Sleman, sebelum POLRES Sleman jika dari arah selatan. Jangan terlalu ngebut karena papan nama Bakmi Jawa ini tidak terlalu besar, dan mencolok. Menurut banyak pengunjung yang pernah datang ke warung ini, Bakmi Jawa Mbah Dumuk merupakan salah satu kuliner Sleman yang perlu dikunjungi ketika datang dan berwisata ke daerah Sleman. suasananya sederhana dan terbuka, sehingga para pengunjung dapat dengan mudah melakukan transaksi dengan pembeli dan juga dapat melihat proses pembuatan bakmi jawa ini.

Baca Juga : Batik Tulis Asli Sleman
Baca Juga : Wisata Alam Kaliadem Jogja

Menu yang disediakan di warung Bakmi Jawa Mbah Dumuk ini ada bakmi godog, bakmi goreng, bihun godog, bihun goreng, bakmi campur, magelangan dan nasi goreng. Tentunya menu andalan di warung ini yaitu bakmi godognya. Cara pengolahan menu di warung ini menggunakan arang kayu, sehingga masakannya memiliki aroma yang khas. Bakminya disajikan bukan dengan telur ayam, melainkan dengan telur bebek dan air kaldunya berasal dari rebusan ayam kampung asli. kuahnya segar dan nikmat, sehingga membuat setiap pengunjung yang datang selalu rindu dan ingin datang lagi. Bakmi godog yang disajikan di warung Bakmi Jawa ini biasanya menggunakan bakmi kuning, tetapi jika ingin menggunakan bihun juga ada pilihannya. Ada juga pilihan bakmi goreng yang proses memasaknya tidak menggunakan kecap, sehingga rasanya lebih gurih.

Bakmi Jawa Mbah Dumuk
Bakmi Jawa Mbah Dumuk

Setiap harinya, Bakmi Jawa Mbah Dumuk ini dapat menghabiskan sekitar 250 butir telur bebek yang diambil dari produsen atau peternak sekitar. Jam buka warung Bakmi Jawa ini mulai dari pukul lima sore hingga dini hari. Untuk menikmati menu di sini juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Tidak lebih dari sepuluh ribu rupiah sudah kenyang dengan mendapatkan satu porsi bakmi jawa yang mantap dan lezat ini. Untuk para wisatawan yang datang dan berkunjung ke Jogja, rasanya tidak puas jika hanya melewati warung Bakmi Jawa Mbah Dumuk ini tanpa mencicipinya.

Penulis : Anggita F
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : kotabsd & Qraved

Supra Yoga Pratama

leave a comment

Create Account



Log In Your Account