Batik Tulis Sleman – Batik merupakan kain tradisional Indoneaia yang cara pembuatannya menggunakan teknik tulis atau cap dengan menggunakan malam dan alat yang disebut canting. Batik telah dikenal di Indonesia sejak jaman kerajaan majapahit. Batik berasal dari Bahasa jawa, yaitu tik yang berarti titik/matik atau membuat titik. Banyak daerah di Indonesia yang memproduksi batik khas masing-masing. Seperti halnya di Daerah Solo yang terkenal dengan Batik Motif Sidomuktinya , Daerah Cirebon dengan Batik Mega Mendungya. Daerah Rembang dengan Batik Lasem yang bercirikan batik pesisir, dan Sleman dengan Batik Sinom Parijotho Salak.

Baca Juga : Sejarah Kabupaten Sleman
Baca Juga : Kerajinan Tenun Sleman

Batik Tulis Sleman Sinom Parijotho Salak merupakan kain batik yang menjadi ciri khas dari Kabupaten Sleman. Motif dari Batik Sinom Parijotho Salak terinspirasi dari tanaman parijotho yang merupakan tanaman dedaunan yang banyak tumbuh dikawasan pegunungan. Motif utama dari Batik Sinom Parijotho Salak adalah berupa elemen tangkai, daun, bunga parijotho, daun salak, dan bunga salak. Motif Sinom Parijotho Salak merupakan dari warga Sleman yang memenangkan Lomba Desain Batik Sleman Tahun 2012 dan ditetapkan menjadi motif khas batik Kabupaten Sleman. Proses dari membuat kain Batik Tulis Sleman Sinom Parijotho Salak yaitu pertama para pengrajin membuat motif diatas lembaran kain putih dengan menggunakan pensil atau yang disebut mal. Kemudian motif batik yang sebelumnya ditulis dengan pensil, ditutup dengan lelehan malam atau lilin dengan menggunakan canting. Setelah proses menggambar dengan canting, proses selanjutnya adalah pengecatan. Biasanya pengecatan menggunakan warna-warna alami, seperti warna merah menggunakan kulit pohon tingi, warna ungu menggunakan daun pohon puring, warna kuning menggunakan kayu tegeran, dan warna hijau menggunakan kulit buah jolawe. Setelah pewarnaan, kain kemudian dijemur. Jika ingin mendapatkan warna yang variatif, proses pewarnaan bisa diulangi kembali.

batik tulis sleman
batik tulis sleman

Salah satu produsen dari Batik Tulis Sleman Sinom Parijotho Salak adalah di Dusun Plalangan Desa Pendowoharjo Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bisa berkunjung langsung ke Dusun Plalangan untuk mendapatkan kain Batik Sinom Parijotho Salak khas Kabupaten Sleman. Setiap kain batik khas Kabupaten Sleman dihargai sebesar 130.000 rupiah hingga 216.000 rupiah. Tidak ada salahnya saat Anda datang ke Kabupaten Sleman untuk menjadikan Batik Tulis Sleman Sinom Parijotho Salak sebagai oleh-oleh ataupun koleksi Anda, karena makna dari motif parijotho yang melambangkan kemakmuran.

Penulis : Dian Ayu SP
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : gadingan

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account