Blue Lagoon Jogja – Tak hanya Iceland saja yang memiliki Blue Lagoon, di Indonesia khususnya Sleman Yogyakarta juga punya Blue Lagoon loo. Berbeda dengan Blue Lagoon yang ada di Iceland, Blue Lagoon Jogja terbentuk karena air dari sendang yang berkumpul dan membentuk sebuah kedung. Tepat berada di Desa Dalem Widomartani Sleman Yogyakarta, desa ini terkenal dengan keberadaan air yang melimpah. Di Desa Dalem terdapat tiga sumber mata air yang mmenjadi tumpuan hidup warga sekitar. Tiga sumber mata air atau sendang tersebut adalah Sendang Lanang(Putra), Belik Kluwih, Sendang Wadon(Putri). Sendang wadon yang merupakan tempat pemandian untuk wanita berada di sebuah bilik dan merupakan sebuah kolam kecil. Sendang wadon dimanfaatkan warga untuk mandi. Belik Kluwih dan Sendang Lanang yang berada tak jauh dari Sendang Wadon, berbentuk pancuran yang sumber airnya berasal dari dinding tepi kali. Ketiga sendang ini berada pada satu aliran dengan Kali Tepus. Air Sendang Lanang berkumpul membentuk kolam kecil, sedangkan Belik Kluwih membentuk sebuah kedung yang memiliki air jernih dan berwarna biru. Sehingga pengunjung yang datang ke kedung tersebut sering menyebutnya sebagai Blue Lagoon Jogja.

Baca Juga : Candi Sambisari Sleman
Baca Juga : Sejarah Kabupaten Sleman

Nama sebenarnya dari kedung tersebut adalah Tempat Pemandian Tirta Budi. Karena pengunjung yang datang merupakan anak muda, mereka sering menyebut Pemandian Tirta Budi sebagai Blue Lagoon. Blue Lagoon Jogja akan sangat ramai saat akhir pekan atau musim libur. Untuk bisa sampai di lokasi, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Bahkan tak jarang dari pengunjung yang datang dengan mengendarai sepeda. Dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa langsung menuju ke Jalan Kaliurang km 13. Sampai di pertigaan Besi-Jangkang, belok kanan menuju Jalan Besi-Jangkang. Ikuti jalan hingga ketemu pasar Jangkang. Dari pertigaan Pasar Jangkang, belok kanan, Anda hanya perlu mengikuti petunjuk jalan yang langsung menuju lokasi Blue Lagoon, sekitar 100 meter.

wisata danau biru blue lagoon jogja
wisata danau biru blue lagoon jogja

Anda bisa menikmati Blue Lagoon Jogja dengan harga tiket 2000 rupiah per orang dan untuk parker motor sebesar 1000 rupiah. Di lokasi Anda bisa menyewa ban yang disewakan oleh warga Desa Dalem Widomartani Sleman untuk menikmati Blue Lagoon dengan mengapung di atas ban. Jam operasi Blue Lagoon Sleman mulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Selain bisa menikmati kesegaran air Blue Lagoon Jogja, tempat ini juga menjadi lokasi foto yang menarik bagi mereka yang menyukai fotografi bawah air.
Tak ada salahnya untuk memasukkan Blue Lagoon Sleman atau Pemandian Tirta Budi di daftar wisata Anda ketika berkunjung ke Slema Yogyakarta. Tak perlu jauh-jauh ke Iceland untuk bisa menikmati Blue Lagoon, karena di Sleman pun kita bisa menikmati wisata danau biru ini atau Blue Lagoon Jogja.

Penulis : Dian Ayu SP
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : photoparse & kelanakecil

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account