Cara Merawat Tanaman Kaktus Dengan Baik

Cara Merawat Tanaman Kaktus.

Cara Merawat Tanaman Kaktus sangatlah mudah jika kita tahu caranya karena pada dasarnya setiap tamanam jika tidak dirawat dengan baik akan mati, seperti tanaman kaktus. Sebenarnya merawat tanaman kaktus mudah tetapi juga harus mengatur pemyiraman, pemupukan, pencahayaan, dan pemberian pupuk. Kaktus merupakan sebuah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae (wikipedia). Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air dan biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun). Kaktus memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Kaktus yang kita kenal memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Nah Berikut adalah cara cara merawat tanaman kaktus agar tetap tumbuh cantik dan tidak mati.

  1. Penyiraman
    Cara Merawat Tanaman Kaktus yang pertama adalah penyiraman, dan cukup dilakukan seminggu sekali. Tetapi jangan sampai lupa menyiram kaktus, karena kaktus juga membutuhkan air, dan saat menyiram kaktus jangan meberikan air berlebihan. Jika terlalu banyak diberi air, kaktus akan cepat membusuk dan mati. Disarankan untuk rajin mengontorl agar kaktus tidak kering dan tidak terlalu lembab.
    Jika kaktus diletakkan di dalam ruangan, sebaiknya 3 kali sehari kaktus harus diletakkan di ruangan terbuka dan diangin anginkan agar tidak lembab. Cara menyiram kaktus yang baik adalah dengan menyemprotkan air saja dengan botol spray agar tidak berlebihan air sehinnga tidak terlalu lembab.Baca Juga : Wisata Candi Sambisari
  2. Pencahayaan
    Taruhlah kaktus pada tempat yang langsung terkena sinar matahari, karena memiliki sirkulasi udara yang baik. Jangan taruh kaktus di tempat yang agak lembap karena daging kaktus tebal, jika terlalu lembab kaktus akan membusuk. ini faktor yang juga penting dalam Cara Merawat Tanaman Kaktus.
  3. Pemupukan
    selanjutnya Cara Merawat Tanaman Kaktus adalah dengan memberikan pupuk seperti pada tumbuhan lainnya. Pupuk untuk kaktus harus menggunakan pupuk organik (pupuk NPK). Pupuk ini diberikan ke media tanamnya. Pupuk ini dapat dibeli di toko toko tanaman.
  4. Mengganti media tanamnya
    Cara menggati media tanam kakaktus adalah buang media tanamnya dulu, lalu gunting akar akar kecil. Jika sudah tanaman kaktus harus dikeringkan 1 sampai 2 hari.selanjutnya kaktus yang ada di ruangan selama 2 – 3
Cara Merawat Tanaman Kaktus.

Cara Merawat Tanaman Kaktus.

Tanaman kaktus sendiri bukanlah suatu yang asing untuk kita, tanaman kaktus sering di jadikan tumbuhan hisa di rumah kita. Oleh karenanya kita harus tahu Cara Merawat Tanaman Kaktus agar keindahannya tetap terjaga. Nah semoga artikel ini bisa bermanfaat ya. dan teman teman mengerti Cara Merawat Tanaman Kaktus.

Penulis : Fahni Nesa Khulqi
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : kaktus souvenir

Yuk bagikan