Dae Jang Geum Jogja merupakan salah satu serial drama yang tayang di Korea pada tahun 2003 lalu. Namun, Dae Jang Geum Jogja yang kali ini akan dibicarakan bukanlah serial drama, namun merupakan restauran yang menyajikan menu masakan Korea. Restauran Dae Jang Geum Jogja berlokasi di jalan Tentara Palagan km 8,5, jika dari arah perempatan Monjali tinggal menuju ke utara dan lurus terus, maka di kiri jalan akan menemukan restauran yang memiliki prakiran yang sangat luas ini. Ketika akan memasuki Dae Jang Geum Jogja ini, sudah disuguhkan dengan interior restaurannya yang bergaya Korea. Begitu masuk akan disambut dengan pelayan restauran yang menggunakan Hanbok, yaitu baju tradisional khas Korea. Dae Jang Geum merupakan restauran yang cocok sekali untuk membawa kawan, rekan kerja maupun keluarga, karena tempatnya yang luas dan nyaman.

Baca Juga : Kulineran Bakso Tengkleng di Jogja
Baca Juga : Jejamuran Resto, Kuliner Khas Jamur

Sesuai dengan namanya yang Korea, menu-menu andalan yang ada di restauran ini tentunya adalah makanan-makanan Korea. Tetapi untuk yang tidak terlalu menikmati makanan Korea, ada menu pilihan lain seperti makanan China. Pada jaman sekarang ini yang makin maraknya serial-serial drama Korea yang ditayangkan di televisi lokal, membuat para penggemar yang menyukai Korea ini berbondong untuk mencicipi makanan Korea. Dae Jang Geum Jogja menjadi salah satu pilihan restauran Korea yang layak untuk dicoba karena rasa makanannya yang menyesuaikan lidah orang Indonesia. Menu yang biasanya dipesan di restauran Dae Jang Geum Jogja ini adalah Teokbokki, Jjajangmyeon, dan bulgogi.

Dae Jang Geum Jogja
Dae Jang Geum Jogja

Teokbokki merupakan kue beras yang tekstur dan bentuknya mirip seperti crab stick. Rasanya kenyal seperti tekstur cilok dan dibumbui khas Korea yang sedikit pedas. Kemudian jjajangmyeon yang merupakan mie khas Korea yang disajikan dengan saus kacang hitam. Rasanya manis, dan juga ada banyak irisan daging di sausnya yang berwarna hitam tersebut. Menu istimewa terakhir adalah bulgogi. Bulgogi yang disajikan di Dae Jang Geum Jogja dapat disantap oleh 3 hingga 4 orang. Jika memesan makanan ini, biasanya akan ditanya apakah ingin dimasak di dapur, atau dimasak sendiri. Kalau pengunjung ingin memasak sendiri, biasanya di meja sudah ada alat yang digunakan untuk memasaknya. Daging yang disajikan tidak kalah enak dengan daging-daging impor, dan pastinya tidak kalah lezatnya. Makanan ini juga disajikan lengkap dengan nasi, agar semakin menambah kenikmatannya. Seperti halnya restauran di Korea, sebelum makanan utama disajikan, ada makanan pendamping yang disajikan, yaitu Kimchi.
Restauran Dae Jang Geum Jogja ini selain menyediakan interior dan pelayanan yang khas Korea, di sini juga diberikan fasilitas untuk mencoba baju tradisional khas Korea, juga ada beberapa cemilan khas Korea yang dijual di dekat pintu masuk restauran ini. Dae Jang Geum buka mulai pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam dari hari Senin sampai Minggu. Tak perlu jauh-jauh sampai ke Korea untuk mencicipi makanan Korea, cukup datang ke Dae Jang Geum Jogja, sudah dapat merasakan makanan Korea yang tidak kalah nikmat dan pas dilidah kita.

Penulis : Anggita F
Editor : Supra Yoga Pratama
Image :

Supra Yoga Pratama

leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create Account



Log In Your Account