Desa Wisata Brayut, Budaya dan Pertanian

desa wisata brayut

Desa Wisata Brayut terletak di dusun Brayut, desa Pendowoharjo, Sleman. Desa ini menonjolkan sisi budaya yang berbasis pertanian. Jika berkunjung ke desa wisata ini yang dilihat adalah pemandangan persawahan yang luas serta aktivitas penduduk desa ini. Di desa ini anda akan sering menjumpai aktivitas penduduk seperti membajak sawah dengan kerbau, dan ibu-ibu yang menanam padi dan. sawah ditawarkan untuk bermain, melepas lelah dan belajar menghargai kerja keras. Karpet padi yang membentang luas bisa anda ciptakan di sini. Mulai dari membajak sawah dengan bajak yang ditarik oleh kerbau, atau menanam padi sambil bermain lumpur, banyak lagi lainnya yang jelas masih sangat tradisional dan jarang ditemui di tempat lainnya.
Di Desa Wisata Brayut Pengunjung juga bisa menikmati suasana desa lengkap dengan runinitas penduduk di desa seperti, mebajak sawah, menanam padi, mencabut benih, memanen padi dan menjemur padi. Selain bisa merasakan kegiatan pertanian, pengunjung juga bisa belajar kebudayaan seperti membatik, belajar musik tradisional dengan gamelan, berlatih menari, membuat kerajinan, menangkap ikan, memasak makanan tradisional, bermain di sungai, dan pengunjung bisa menikmati indahnya sunset. Pengunjung bisa menikmati kebudayaan Jawa yang sangat kental dengan adanya arsitektur rumah penduduk berbentuk joglo, bentuk limasan, bentuk sinom, dan bentuk kampung.

Baca Juga : Desa Wisata Penting Sari Sleman

Desa wisata budaya dengan berbasis pertanian ini merupakan tempat yang nyaman untuk berlibur sekaligus belajar tentang kebudayaan masyarakat. Selain itu udara yang sejuk membuat pengunjung betah di desa ini. Bahkan pengunjung disuguhkan dengan pemandangan Gunung Merapi yang indah. Di desa wisata brayut  ini anda tak hanya akan belajar tentang bagaimana bertani, tetapi dapat pula belajar memelihara ikan, memasak makanan tradisional, memainkan gamelan atau berlatih menari dengan tarian tradisional desa ini. Membuat kerajinan, melihat sunset ketika sore diantara liukan tarian padi yang kian pelan seiring perginya angin menghindari malam adalah keasyikan sendiri yang tidak ditemukan disetiap tempat.

desa wisata brayut

desa wisata brayut

Bagi pengunjung yang berkunjung ke Desa Wisata Brayut ini ada pilihan paket outbond dengan trainer yang berpengalaman. Sehingga desa wisata ini cocok untuk semua kalangan dari anak-anak sampai dewasa. Bagi pengunjung yang ingin menikmati lebih lama di desa ini, ada homestay yang disediakan dengan harga yang bermacam macam dan dengan berbagai bentuk yang unik. Pengunjug juga bisa membawa pulang cinderamata untuk oleh-oleh, seperti perabotan rumah tangga tradisional, hiasan dinding, permainan tradisonal, dan pernak pernih khas Jawa kuno. Sarana dan Prasarana yang tersedia seperti Homestay, Masjid, Sanggar Tari, Sanggar membatik dan  Toko cinderamata, menarik bukan jadi tunggu apa lagi yuk mampir ke Desa Wisata Brayut.

Penulis : Fahni Nesa Khulqi
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : Blog Desa Wisata

Yuk bagikan