Desa Wisata Gamplong Sleman Yogyakarta

Desa Wisata Gamplong Sleman

Desa Wisata Gamplong ini terletak di Dusun Gamplong, Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Sleman. Tepatnya berada di Jalan Raya Wates Jogja km.14. Akses untuk menuju desa wisata ini cukup mudah, selain bisa menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum yang arahnya ke Jalan Wates.

Baca Juga : Kerajinan Mendong Sleman

Desa Wisata Gamplong ini terkenal dengan kerajinan tenunnya, hasil tenun dari desa ini sudah terkenal sejak tahun 1950. Karena di desa ini terdapat industri kerajinan tenun, dan kerajinan tenun tersebut menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM). Jadi wisatawan yang berkunjung ke desa ini dapat menikmati proses pembuatan kerajinan tenun. Wisatawan juga bisa merasakan langsung menenun sendiri dengan alat tradisional tersebut sambil didampingi dan diajarkan oleh ibu ibu pengrajin di Desa Wisata Gamplong ini. Para penggrajin dengan senang hati akan mengajarkan caranya menenun. Selain itu wisatawan yang datang ke desa ini dapat memesan kerajinan tenun tersebut dengan diberi nama kita atau nama sesuai dengan permintaan. Dan wisatawan bisa membeli kerajinan tersebut dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran.

Baca Juga : Sate Goreng Bu Wiro

Banyaknya Desa Wisata yang ada di sleman tentunya semakin menambah keunikan didalamnya mulai dari desa wisata yang menawarkan berbagai jenis outbond, perkebunan salak pondoh, pemancingan serta masih banyak lagi lainnya. di Desa wisata ini memiliki keunikan tersendiri yaitu tenun tadi. Kerajinan tenun dari desa wisata Gamplong tidak hanya dipasarkan di Yogyakarta saja tetapi kerajinan ini sudah dipesan dan dipasarkan ke kota Jakarta dan Pulau Bali, bahkan sampai ke luar negeri yaitu negara Australia. Negara Australia ini menjadi pelanggan tetap kerajinan tenun desa wisata Gamplong.

Desa Wisata Gamplong Sleman

Desa Wisata Gamplong Sleman

Kerajinan tenun yang dihasilkan antara lain taplak meja, gorden, tatakan gelas, tas, dompet, dan cluth. Selain kerajinan tenun, desa wisata ini juga memproduksi kerajinan dari anyaman untuk dijadikan souvenir. Tentunya kerajinan tenun dan anyaman tersebut cocok dijadikan sebagai oleh oleh. Bahan yang digunakan untuk menenun pun bermacam macam tentunya dengan menggunakan bahan alami, diantaranya adalah lidi, akar wangi, enceng gondok, mendong dan bahan alami lainnya. Nah tunggu apa lagi yang penasaran langsung saja mampir ke Desa Wisata Gamplong.

Penulis : Fahni Nesa Khulqi
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : .bisnisukm

Yuk bagikan