Desa Wisata Kelor Turi berlokasi di Bangun Kerto, Turi, Sleman. Di desa ini menawarkan permainan menarik seperti area outbond. Disini menyediakan tempat perkemahan dan berbagai permainan seperti permainan berbahan ban, jembatan buatan diatas kolom, serta flying fox. Outbond di Desa Wisata Kelor ini cukup terkenal, tempat ini sering digunakan outbond untuk suatu perkumpulan atau keluarga besar. Instruktur yang mendampingi saat outbond pun berpengalaman jadi tidak perlu khawatir outbond di desa ini. Prasarana yang ada di desa wisata ini selain outbond adalah Penginapan, Masjid, Bumi perkemahan, dll. Selain wahana outbond disini menawarkan kesenian budaya, wisata kebun salak, susur sungai, dan kuliner.
Suasana pedesaan yang asri sangat terasa di Desa Wisata kelor Turi ini karena desa ini memang berada di lereng Merapi. Selain itu disini terdapat rumah joglo sehingga suasana pedesaan sangat terasa. Sebagian besar penduduk di Desa Wisata Kelor ini bermatapencaharian sebagai petani, peternak, dan pembudi daya jamur. Sebagian besar penduduk desa ini memiliki kebun salak, sehingga jika berkunjung ke Desa Wisata Kelor Turi akan di kelilingi tumbuhan salak. Tentunya pengunjung dapat memborong salak tersebut. Kawasan Turi ini memang sudah terkenal dengan penghasil salak.

Desa Wisata Kelor Turi
Desa Wisata Kelor Turi

Para Pengunjung di Desa Wisata Kelor Turi juga dapat menikmati sungai Bedgoh yang airnya berih dan dingin. Disini pengujung juga dapat mencoba wahan river tacking menyusuri sungai Gendhol, tentunya juga sama seperti sungai Bedhog ainya bersih dan dingin. Dan ini menjadi salah satu wisata yang berbeda dari desa – desa wisata lainnya yang ada di kabupaten Sleman. Jadi bagi anda yang menyukai nuansa alam dengan aliran suangai yang masih asri bisa menjadikan desa Wisata ini sebagai salah satu tempat yang bisa di kunjungi. Program di desa ini juga sangat menarik tentunya.
Kadang kadang di desa ini juga menampilkan kesenian Jathilan, kesenian gamelan, pementasan ketoprak dan tradisi budaya lainnya. Dengan fasilitas yang disediakan dan tentunya pemandangan alam serta suasana pedesaan yang asri membat pengunjung akan nyaman dan puas berada di Desa Wisata Kelor Turi ini

Penulis: Fahni Nesa Khulqi
Editor: Supra Yoga Pratama
Foto: Hamim Tribun

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create Account



Log In Your Account