Desa wisata Petung terletak di dusun Petung, desa Kepuharjo, kecamatan Cangkringan, Sleman. Desa ini menawarkan keindahan pemandangan Merapi dengan suasana yang asri. Dari gardu pandang wisatawan dapat melihat Gunung Merapi dengan jelas. Selain terletak di daerah dataran tinggi yang dekat dengan Merapi, desa ini lokasinya dikelilingi hutan sehingga desa ini terasa sejuk dan asri. Sesuai dengan kondisi alamnya, desa ini menyediakan wisata outbond.
Desa wisata petung ini memilki berbagai potensi wisata. Salah satu daya tarik dari desa wisata ini adalah adanya perkebunan kopi. Hamparan kebun kopi yang hijau bisa dilihat di desa ini. Pengunjung dapat belajar langsung budidaya kopi, memetik kopi langsung, mengolahnya, hingga cara menghidangkannya. Selain kebun disini juga terdapat peternakan Sapi Perah. Pengunjung dapat merasakan berternak sapi, pengunjung diajak ikut mencari rumput untuk makan ternak, memberi makan, hingga memerah susu sapi, yang hasilnya dapat diminum, dan susu hasil perahan bisa dibawa pulang untuk oleh oleh.

Desa Wisata Petung
Desa Wisata Petung

Di desa ini juga terdapat budidaya dan industri umbi umbian. Umbi umbian di desa ini antara lain suweg, gadung, ganyong, gembi, uwi, dan lain lain. Wisatawan juga datang langsung ke tempat industri umbi umbian tersebut. Umbi tersebut diolah mennjadi kripik dan oleh oleh khas desa wisata Petung.
Di desa ini masih kental dengan tradisi masyarakat. Tradisi masyarakat yang masih dilakukan adalah tradisi Danadan Kali. Tradisi ini dilakukan sebagai ucapan syukur atas rejeki air yang mengalir walaupun musim kemarau. Tradisi ini dilakukan dengan meyembelih kambing jantan, setelah disembelih kambing tersebut dimasak oleh kaum laki laki. Tradisi Danadan kali ini dilaksanakan setiap bulan ruwah pada hari Jum’at Kliwon.
Seni budaya di desa ini pun masih dilestarikan, berupa karawitan, wayang, dan seni tari. Jenis tari yang diajarkan kepada anak anak adalah tari rempok, pegon, candik ayu, dan masih banyak lainnya. Di desa wisata ini terdapat sanggar tari tersendiri. Wisatawan pun dapat ikut belajar seni tersebut. Selain itu wisatawan juga dapat merasakan kuliner dan oleh oleh khas tradisional desa ini. Selain kopi dan kripik dari umbi umbian, terdapat susu jahe, krupuk, dan dodol susu. Yuk mampir ke desa wisata Petung ini.

Penulis : Fahni Nesa Khuli
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : GoBorubudur

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account