Desa Wisata Plempoh Sleman Yogyakarta

Desa Wisata Plempoh

Desa Wisata Plempoh merupakan salah satu desa wisata yang banyak di kunjungi. Saat ini di Provinsi Yogyakarta, Kabupaten Sleman khususnya banyak sekali bermunculan desa – desa wisata yang sangat menarik. Dengan banyaknya pilihan desa wisata mulai dari desa wisata yang memiliki kebun salak pondoh, desa wisata yang memiliki outbond dan tracking sungai, sampai desa wisata yang memiliki berbagai macam kerajinan. Desa Wisata Plempoh terletak di Dusun Dawung, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman.
Secara geografis kondisi Desa Wisata Plempoh ini banyak hamparan sawah yang dikelilingi perbukitan. Yang membuat unik desa wisata ini adalah lokasinya dekat dengan situs cagar budaya. Situs cagar budaya tersebut antara lain Candi Ratu Boko, Candi Barong, Candi Dawang Sari, Arca Ganesha, Candi Miri, Batu Tepak, Candi Ijo, Sumur Bandung, Arca Gupolo, Candi Banyu Nibo, Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Prambanan, Candi Sewu. Pengunjung yang datang tentunya bisa menjelajah candi candi yang ada di dekat desa wisata ini.

Baca Juga : Desa Wisata Gamplong
Baca Juga: Desa Wisata Trumpon

Selain dekat dengan situs cagar budaya, desa wisata ini terlihat pemandangan pegunungan seribu. Pengunjung juga bisa melihat pemandanga sunset saat sore menjelang malam. Banyak pengunjung yang sengaja datang ke komplek candi ratu Boko untuk sengaja melihat sunset saja. Selain dapat menjelajah situs cagar budaya dan menikmati pemandangan alam, wisatawan dapat merasakan kehidupan bertani. Wisatawan bisa merasakan dan ikut langsung membajak sawah, menanam padi, dan memanen padi. Desa Wisata Plempoh ini juga masih melestarikan kesenian budaya, diantaranya kesenian Srandul dan Karawitan.

Desa Wisata Plempoh

Desa Wisata Plempoh

Fasilitas yang ada di desa wisata Plempoh ini salah satunya adalah adanya homestay. Wisatawan dalam negeri maupun luar negeri bisa menyewa homestay yang ada di desa ini. Wisatawan juga bisa merasakan masakan khas desa wisata ini yaitu Nasi Sambal Plempoh, tentunya di tempat lain tidak ada makanan ini. Selain homestay, disini ada restauran dan tempat penjualan cinderamata untuk oleh oleh.
Akses untuk menuju ke desa wisata Plempoh ini cukup mudah karena wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti kendaraan bermotor roda dua dan mobil. Selain itu Desa Wisata Plempoh ini dapat ditempuh dengan kendaraan umum yang ada di Pasar Prambanan.

Penulis : Fahni Nesa Khulqi
Editor : Supra Yoga Pratama
Image :

Yuk bagikan