Desa Wisata Pulesari Turi terletak di desa Wonokerto, kecamatan Turi, Sleman. Pulesari sendiri diambil dari nama dusun desa tersebut yaitu dusun Pulesari. Desa ini wilayahnya terdiri dari lahan pertanian, lahan ladang, perkebunan, pemukiman, industri, perdaganga jasa, dan hutan rakyat. Wisata yang ditawarkan di Desa Wisata Pulesari Turi adalah tacking sungai, wisata kebun salak, seni budaya, kerajinan, wisata perikanan, membatik tak lupa wisata kuliner dan penginapan. Yang membuat unik Desa Wisata Pulesari Turi adalah terdapat goa-goa sejarah, goa goa tersebuat anta lain Goa Dampar, Goa Canguk, Goa Leri, Goa Wayang, Goa Ular, dan Goa maling.
Sesuai dengan slogan desa ini yaitu “Desa Wisata Alam Pulesari, Wisata Alam dan Budaya Tradisi”. Pengunjung tidak hanya disuguhkan keindahan alam saja, melainkan budaya yang ada di Desa Wisata Pulesari. Salah satu contohnya penduduk desa ini melakukan kegiatan rutin tahunan yang selalu dilaksankan setipa bulan sapar Rabu Pungkasan yaitu upacara adat pager bumi. Pengunjung yang datang ke desa wisata ini tidak perlu khawatir karena banyak paket yang ditawarkan, mulai dari paket wisata dan outbond dengan tracking sungai yang masih alami, paket kuliner, hingga paket homestay.

desa wisata pulesari
desa wisata pulesari

Desa Wisata Pulesari ini sangatlah unik karena setiap penginapan/homestay yang ditawarkan ke pengunjung berada dimasing-masing rumah warga, sehingga para wisatwanataupengunjung yang datang bisa langsung berinteraksi dengan warga sekitar. Selain itu udaranya yang sejuk dan suasananya nyaman, karena desa ini terletak di daerah pegunungan/perbukitan, tekstur tanahnya adalah tanah berpasir dan berbatu cadas. Tanah di desa ini juga subur sehinga banyak lahan pertanian dan sebagian besar penduduknnya bekerja sebagai petani.
Desa yang dibentuk pada tangga 26 Mei 2012 ini dijadikan sebagai desa wisata untuk memberdayakan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam yang ada agar eksistensi Desa Wisata ini dapat dikenal dan diakui oleh masyarakat luas. Desa Wisata Pulesari ini memiliki keanekaragaman potensi yang perlu dilestarikan dan dikembangkan. Menarik bukan potensi desa ini, anda bisa menikmati udara segar khas pegunungan dan wisata alam dengan tracking sungai yang jernih serta pengalaman membatik dan tak lupa memetik buah salak pondoh yang menjadi icon desa-desa wisata di kabupaten Sleman ini. Jadi bagi anda yang ingin mencari tempat outbond di Jogja, homestay atau desa wisata, bisa langsung datang ke desa wisata Pulesari, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta atau untuk info lebih lanjut bisa menghubungi nomer telepon 085743128969. So, yuk datang langsung ke Desa Wisata Pulesari Turi.

Penulis: Fahni Nesa Khulqi
Editor: Supra Yoga Pratama
Foto: Desa Pulesari

Supra Yoga Pratama

leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create Account



Log In Your Account