Desa Wisata Rumah Dome Nglepen

Desa Wisata Rumah Dome Nglepen

Desa Wisata Rumah Dome Nglepen terletak di Di dusun Nglepen, Kecamatan Prambanan, Sleman. Desa wisata ini berupa perumahan warga yang unik yaitu rumah yang berbntuk dome atau setengah lingkaran. Rumah dome ini adalah rumah yang berbentuk bulat seperti kubah. Sejarah dibangunnya rumah ini adalah pada tahun 2006 di Yogyakarta terjadi gempa yang membuat salah satu daerah mengalami rusak total. Pemukiman warga dusun Sengir ambles sehingga rumah rumah warga hancur dan rata dengan tanah. Warga desa Sengir dievakuasi ke daerah yang lebih aman yaitu di dusun Nglepen yang memiliki tanah datar. LSM WANGO (World Association of Non-Governmental Organization) dan DFTW (Domes for The World Foundation) memberikan bantuan berupa rumah, namun ruumah tersebut dibangun agar tahan gempa.

Baca Juga : Desa Wisata Petung Sleman

Orang orang biasa menyebut Desa Wisata Rumah Dome Nglepen ini dengan sebutan Rumah Teletubis, karena bentuknya bulat menyerupai rumah kartun anak anak yang tokohnya adalah teletubis. Kalau anda ingat kartun itu pasti sekarang anda sudah Tua dan yang belum menikah wajib menikah :D.  Rumah dome ini diresmikan oleh Mentri Pemukiman Hidup, Prof. Dr. Alwi Sihab pada tangga 29 April 2007 dan perumahan warga ini diberi nama “New Nglepen Village”.

 

Desa Wisata Rumah Dome Nglepen

Desa Wisata Rumah Dome Nglepen

Rumah ini dirancang tahan gempa dan tahan api. Terdapat 80 unit rmah dome di komplek ini. Wisatawan yang penasaran bisa datang langsung ke desa wisata ini. Wisatawan yang datang cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 1.500 per orang. Di desa ini juga menyediakan paket kegiatan, diantaranya jasa pemandu, menjelajah desa dengan membayar sebesar Rp. 6.000 per orang, melihat proses pembuatan emping garut. Ada juga paket homestay untuk wisatawan yang ingin merasakan tinggal di rumah dome tersebut. Biaya untuk menginap 1 hari 1 malam sebesar Rp. 55.000 per orang, termasuk 3 kali makan.
Kebiasaan unik warga di desa wisata ini adalah walaupun bangunan di desa ini modern dan ditata seragam warga masih melakukan kebiasaan lama mereka yaitu menanam pohon pisang, pohon jagung, pohon jambu, dan lain lain di sekitar rumah mereka. Menarik bukan jadi bagi anda yang penasaran bisa langsung datang ke Desa Wisata Rumah Dome Nglepen.

Penulis : Fahni Nesa Khulqi
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : panduanwisata & paketwisata

Yuk bagikan