Desa Wisata Sambi, Wisata Alam Yang Indah

Desa Wisata Sambi

Desa wisata Sambi terletak di Jalan Kaliurang km.19, tepatnya di desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Sleman. Desa wisata yang dekat dengan Merapi ini menghadirkan pemandangan alam yang indah, seperti pemandangan alam persawahan dan pepohonan. Sehingga pengunjung akan merasa nyaman dengan suasana yang asri, nyaman dan udaranya pun sejuk. Di Desa Wisata Sambi ini juga ada rumah – rumah adat Jawa seperti Rumah Joglo, Rumah Limasan, dan Rumah Simon. Sehingga suasana pedesaan yang tradisional asli Jogja sangat terasa.

Baca Juga : Sate Goreng Bu Wiro

Pengunjung yang datang ke Desa Wisata Sambi ini dapat memilih paket wisata yang ditawarkan pihak desa. Pengunjung dapat menikmati wisata joging trackk dengan didampingi pemandu. Disana pengunjung bisa merasakan langsung kegiatan pertanian penduduk desa seperti membajak sawah yang masih dilakukan menggunakan alat yang tradisional seperti kerbau atau sapi, memanen padi, hingga menumbuk padi. Selain itu di desa wisata ini pengunjung bisa belajar budidaya jamur, belajar membuat jamu tradisional, menangkap ikan di sawah, belajar budidaya sapi perah hingga memerah susu sapi secara tradisional.
Desa Wisata Sambi ini juga memiliki berbagai kesenian rakyat seperti, wayang kulit, karawitan Jawa, uyon – uyon Jawa, tari tradisional, tayub, gambyong, tari ramayana, fragmen cerita pendek, jathilan, dan lain lain. Yang mana kesenian-kesenian itu sudah mulai hilang ditelan zaman dan mungkin tidak banyak orang yang mengenalnya saat ini. Penduduk desa ini juga masih kental dengan tradisi budaya seperti, kenduri, sadranan yang dilakukan setiap tanggal 21 Sya’ban, dan ruwahan.

Desa Wisata Sambi

Desa Wisata Sambi

Pengunjung juga bisa merasakan outbond di desa wisata ini, desa wisata Sambi ini sering dijadikan untuk kegiatan outbond. Lokasi outbond di desa Sambi dikhsuskan di Ledok Sambi. Fasilitas yang disediakan adalah flying fox, meniti tali dan masih banyak lagi. Pengunjung yang ingin lebih lama disini dan ingin merasakan semua kegiatan di desa ini tidak usah khawatir, karena disini meyediakan homestay yang disediakan untuk para pengunjung. Selain itu pengunjung bisa menikmati makanan dengan menu tradisional ala Desa Wisata Sambi.

Penulis : Fahni Nesa Khulqi
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : desa wisata

Yuk bagikan