Desa Wisata Tanjung Ngaglik – Di Desa Donorharjo, Kecamatan Ngaglik terdapat Desa Wisata Tanjung. Desa ini terletak diantara Gunung Merapi. Lokasi desa ini kurang lebih 5KM dari Monumen Jogja Kembali (monjali), lebih tepatnya di Jl.Tentara Pelajar KM.11. Sebagian besar penduduk di desa ini bermata pencaharian sebagai petani. Potensi yang ada di desa wisata tanjung ini  adalah potensi fisik baik bangunan serta kondisi fisik alam di desa ini, potensi kesenian tradisional, potensi upacara adat dan potensi kerajinan atau home industri.
Yang membuat unik Desa Wisata Tanjung ini adalah terdapat rumah Joglo yang bersejarah, Joglo terrsebut diberi nama Joglo Tanjung. Konon Joglo ini dulunya rumah milik lurah desa, dan saat ini joglo tersebut berumur lebih dari 200 tahun. Saat ini joglo tersebut bisa disewakan, biasanya untuk keperluan pertemuan atau acara acara adat dan mungkin acara lainnya. Bangunan Joglo ini terdiri dari emperan, pendopo, pringgitan, ndalem longkangan, serta pawon. Dulu juga ada kandang kuda dan garasi kereta yang saat ini menjadi tempat penyimpanan gamelan.

desa wisata tanjung
desa wisata tanjung

Kesenian di Desa Wisata Tanjung antara lain Tari Angguk Putri, Jathilan, Tari Klasik, Sholawatan, Hadroh, Karawitan. Sedangkan potensi upaca adat di desa ini adalah Kenduri, Mantenan, Sunatan, Wiwid, Tedun. Serta potensi kerajinan antara lain Batik, Mainan Anak, dan MakananTtradisional.
Tak lupa juga potensi alam di Desa Wisata Tanjung ini, di desa ini memilikin lahan sawah yang cukup luas. Sawah- sawah tersebut milik penduduk desa sebagai lahan matapencaharian mereka. Di sawah ini pengunjung dapat belajar dan merasakan langsung bagaimana mengolah tanah, menanam, memanen hasilnya, sampai hasi panen tersebut disajikan untuk makan. Jika ingin berkunjung ke Desa Wisata Tanjung Anda hanya dipungut biaya Rp.50.000,- termasuk makan 3kali. Sedagkan Joglo Tanjung dapat Anda pakai dengan biaya Rp. 20.000,- sampai Rp.40.000,- . Bagi anda yang pensaran dan mungkin sudah bosan dengan suasana Khas kota yang padat dan hanya menjumpai bangunan-bangunan besar gedung bertingkat bisa memasukan desa wisata ini sebagai referensi anda untuk berwisata dan lebih dekat dengan alam. Baik itu untuk sekedar melepas penat dengan keluarga atau ingin mencoba merasakan bagaimana mengolah tanah, menanam dan banyak lainnya yang tentunya pengalaman yang belum pernah anda dapatkan diKota. Jadi jangan ragu untuk datang ke Desa Wisata Tanjung Ngaglik.

Penulis: Fahni Nesa Khulqi
Editor: Supra Yoga Pratama
Foto: ImageG

Supra Yoga Pratama

leave a comment

Create Account



Log In Your Account