Desa Wisata Turgo Sleman yang terletak di lereng Merapi dan berjarak hanya 7km antara Turgo dengan Merapi. Desa Wisata ini dulu pernah terkena amukan Wedhus Gembel saat Merapi meletus. Desa wisata Turgo sendiri memiliki keadaan cuaca yang dingin dmna terletak 900dpl. Selain itu di Desa Wisata memiliki pemandangan alam yang menarik dengan latar belakang Merapi tentunya. Beberapa objek wisata yang dapat anda temukan di desa wisata ini yaitu kebun anggrek, hutan pinus, kebun bambu, dan rumah bekas bencana awan panas, ada juga hutan bekas pemukiman penduduk, pemandangan Merapi, dan sungai.

desa wisata turgo
desa wisata turgo

Jika anda berkunjung ke Desa Wisata ini anda akan di pandu oleh pemandu untuk berkeliling. Pertama pengunjung akan diajak untuk menyajikan kopi dan teh yang di ramu secara tradisional, dari memetik sampai Kopi dan Teh siap disajikan. Kebun teh dan kopi di desa wisata ini berada disekitar rumah rumah warga. Selain itu anda juga bisa membeli teh dan kopi karena penduduk menjual teh dan kopi yang sudah siap minum dan juga yang masih belum di olah.
Setiap tahunnya di Desa Wisata Turgo ini memilki kegiatan rutin yaitu ritual yang diadakan setiap tanggal 1 Sugro. Masyarakat Dusun Turgo melakukan upacara tradisional budaya berupa kirab sesaji. Sesaji tersebut berupa hasil panen sawah dan kebun. Rute upacara tersebut dari mata air ke mata air dan berakhir di sekitar petilasan Syeh Jumadil Qubro.
Desa wisata Turgo juga meniliki kesenian tradisional seperti Jathilan (Kuda Lumping), Laras Madyo, dan Sloko. Jathilan di Desa Wisata Turgo ini sama seperti Jathilan di daerah lainya. Jika kesenian tradisional Laras Madyo adalah kesenian Islam dari Kasunanan Surakarta yang mempunyai misi dakwah Islam. Kesenian ini menampilkan lagu lagu Islami yang dibentuk dalam tembang Jawa (gambuh, kianthi, dandang gulo, dsb). Sedangkan kesenian Sloko adalah kesenian tradisional sejenis kesenian Laras Madyo yang mempunyai misi agama nasrani.
Prasarana pendukung di Desa Wisata Turgo ini adalah Homestay, Rulinda (Ruang Lindung Darurat), Gardu Pandang, dll. Gardu Pandang ini berfungsi untuk melihat pemandangan Desa Wisata Turgo. Di gardu ini pengunjung bisa melihat panorama perbukitan Tirgo dan hamparan wilayah Desa Wisata Tugro.

Penulis: Fahni Nesa Khulqi
Editor: Supra Yoga Pratama

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create Account



Log In Your Account