Entok Slenget kang Tanir, sesuai namanya makanan ini berbahan dasar daging entok atau mentog. Sedangkan Slenget dapat diartikan seperti tersambar, dinamai seperti itu karena makanan ini dikatakan sangat pedas seperti menyambar lidah setiap penikmatnya. Warung Entok Slenget Kang Tanir ini berlokasi di desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Sesuai dengan namanya, warung ini dikelola oleh pemilik yang bernama Kang Tanir atau Mustanir. Kang Tanir memulai bisnis warung entok slenget ini pada akhir tahun 2006. Walaupun jauh dari pusat kota, hingga saat ini, warung entok slenget ini selalu ramai dikunjungi karena kelezatan menu yang disajikan.
Masakan Entok Slenget kang Tanir ini mirip seperti tongseng, dengan kuah berwarna kecoklatan. Namun, yang sedikit membedakan rasanya adalah ada rasa manis dan pedasnya. Untuk level pedasnya, pengunjung dapat memilih, mulai dari level biasa, sedang dan super pedas. Entok Slenget ini memiliki tekstur daging yang lembut, padahal daging entok ini merupakan daging yang sulit untuk diolah karena dagingnya yang alot. Sebelum disajikan, daging entok ini dimasak dulu dua kali, awalnya daging entok direbus selama 1,5 jam bersama bumbu untuk membuat daging entok tersebut empuk. Kemudian, baru daging entok dipotong kecil-kecil dan dimasak dengan bumbu-bumbu utama. Dalam memasak masakan entok slenget ini, masih menggunakan cara tradisional, Kang Tanir masih menggunakan tungku tanah liat dengan bahan bakar arang untuk memasak entok ini. Selain menawarkan daging entoknya, warung ini juga menawarkan balungan dan juga jeroan entok.

Entok Slenget kang Tanir
Entok Slenget kang Tanir

Penyajian entok slenget ini didampingi dengan irisan kubis dan mentimun yang dipotong dadu. Untuk nasinya, disediakan satu bakul untuk mempersilahkan pengunjung mengambil sebanyak-banyaknya. Satu porsi entok slenget ditambah nasi dan minuman, dibandrol dengan harga Rp. 22.000,-. Warung entok slenget Kang Tanir ini mulai buka pukul 16.00 hingga habis. Jika ingin menikmati entok slenget ini, diusahakan untuk tidak datang terlalu malam, karena biasanya warung ini hanya dalam waktu 5 jam saja sudah tutup karena ludes terjual, terutama pada hari libur. Untuk para penikmat pedas, kuliner  ini merupakan makanan yang wajib dicoba jika berkunjung ke wilayah Sleman, Yogyakarta dan pastikan anda membawa sanak saudara, kawan dan kekasih menikmati kuliner yang  memiliki Sensasi Pedas yang Menyambar Lidah hanya di Entok Slenget kang Tanir.

Penulis : Anggita
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : Twitter

Supra Yoga Pratama

comments
  • Rasanya menggugah selera abis, tempatnya juga lumayan. assik deh pokonya. kulineran di sleman memang top top

  • Salah satu tempat makan yang wuenak tenan, rasanya top. rekomen deh. gak nyesel kalau makan dsni. Rasa lapar bakal terobati dan membuat rindu

  • leave a comment

    Create Account



    Log In Your Account