Kerajinan Bambu bukanlah suatu yang langka, dari dulu sampai saat ini kita selalu menjumpai berbagai macam jenis kerajinan yang menggunakan bahan dasar Bamboo atau Bambu. Dan Sleman yang menjadi sentra atau pusat kerajinan bamboo menjadikan beberapa desa di Sleman memproduksi berbagai macam kerajinan. Salah satunya adalah di Desa Brajan Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman Yogyakarta. Nama Brajan diambil dari nama seorang petapa yang bernama Kyai Brajan Sentiko. Kyai Brajan mengajarkan warga membuat kerajinana dari bamboo (Kerajinan Bambu) yang dahulu dibuat untuk prosesi upacara adat. Banyak dari warga Brajan yang berprofesi menjadi petani, sehingga mereka mengisi waktu luang dengan menganyam bamboo.

Baca Juga : Soto Pawon Candi
Baca Juga : Labuhan Gunung Merapi, Budaya Keraton Jogja

Desa Brajan menjadi sentra atau pusat kerajinan Bambu (bamboo)  sejak tahun 1991. Dan ditahun itulah kerajinan bamboo mulai berkembang. Diawal-awal, kerajinan bamboo yang dihasilkan adalah berupa kap lampu, tempat tisu, tempat buah, dan tempat koran. Seiring dengan perkembangan jaman, kerajinan yang dihasilkan oleh warga Desa Brajan semakin meningkat. Warga Desa Brajan mampu menghasilkan lebih dari 110 jenis kerajinan. Diantaranya, warga Brajan mampu menghasilkan kipas, pigura, besek hantaran, tudung saji, bakul nasi, tempat makan, keranjang pakaian. Harga yang ditawarkan untuk masing-masing kerajinan adalah mulai dari 2000 rupiah hingga 200.000 rupiah tergantung jenis kerajinan.

Kerajinan Bambu
Kerajinan Bambu

Kerajinan Bambu Tidak hanya dipasarkan di sekitar Sleman Yogyakarta atau di daerah di Indonesia, hasil karya dari warga Desa Brajan juga sudah dipasarkan secara Internasional. Pasar Eropa adalah penikmat tetap kerajinan khas Desa Brajan ini. Jika Anda berminat untuk memiliki salah satu kerajinan atau ingin memborong hasil kerajinan dari Desa Brajan, Anda bisa langsung datang ke Desa Brajan yang berjarak 20 km barat dari pusat kota Yogyakarta. Sebagai awal perjalanan dari Tugu Pal Putih ke arah barat menuju jalan Godean. Tak perlu bingung untuk bisa mengunjungi desa Brajan Pusat Kerajinan bamboo, disepanjang jalan anda menuju kesanan, banyak dijumpai petunjuk jalan utuk menuntun Anda menuju lokasi. Nah di rumah anda pun setidaknya saat ini sudah ada bukan salah satu bentuk dari Kerajinan Bambu ini.

Penulis : Dian Ayu SP
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : GImageguidelombok

Supra Yoga Pratama

leave a comment

Create Account



Log In Your Account