Kerajinan Tenun Desa Wisata Gamplong

Kerajinan Tenun Desa Wisata Gamplong sudah banyak di kenal dan paling sering menjadi tujuan wisatawan. Tenun sendiri merupakan kain tradisional dari Indonesia yang teknik pembuatannya dengan menggabungkan benang secara melintang dan membentang dengan menggunakan alat khusus tenun. Salah satu pengrajin kain tenun di Sleman adalah Desa Wisata Gamplong. Tepatnya Di Desa Sumber Rahayu Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Baca Juga : Budidaya Ikan di Desa Wisata Bokesan

Kerajinan tenun yang dimiliki Desa Wisata Gamplong menjadi daya terik tersendiri baik itu wisatawan local maupun mancanegara. Keunikan dari tenun di Desa Wisata Gamplong adalah proses pembuatannya yang masih menggunakan alat tenun bukan mesin atau yang disingkat ATBM. Wisatawan yang berkunjung selain bisa mmebeli oleh-oleh berupa kain hasil tenunan, juga bisa mencoba untuk belajar bagaimana menenn kain tersebut. Bahan yang digunakan untuk menenun bukan hanya dari benang namun warga juga menggunakan serat dari enceng gondok, lidi, agel, dan akar wangi. Kerajinan yang dihasilkan adalah berupa kain lurik, serbet makan, atau stagen. Seirig dengan berkembangnya ketrampilan warga untuk mengolah hasil tenun banyak jenis kerajinan yang dihasilkan yaitu seperti, tas, tempat atau rak buku, aksesoris atau hiasan. Tak hanya dipasarkan di kota-kota besar di Indonesia seperti Bali, Jakarta, dan Surabaya, kain hasil dari warga desa gamplong banyak dipasarkan ke luar negeri khususnya pasar Eropa.

kerajinan-tenun-desa-wisata-gamplong
Saat ini pengrajin kain tenun di Kerajinan Tenun Desa Wisata Gamplong telah┬áberusia sekitar umur 45 tahunan. Sehingga pemerintah setempat menggerakkan pemuda desa untuk mau belajar menenun. Agar kain tenun hasil Desa Wisata Gamplong tidak hilang tergerus jaman. Tak ada salahnya bagi Anda ketika sedang berkunjung ke desa wisata gamplong untuk membeli oleh-oleh kain tenun khas Desa Gamplong Sumber Rahayu Moyudan Sleman. Selain itu Anda juga bisa bagaimana cara menenun bersama warga. Banyaknya desa – desa wisata yang ada di kabupaten sleman dengan berbagai keunikan dan keragaman masing – masing desa wisata. mulai dari yang menyediakan outbond track sungai, kebun salak pondoh, budidaya Ikan┬ádan tenun seperti┬áKerajinan Tenun Desa Wisata Gamplong ini.

Penulis : Fahni Nesa Khulqi
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : panduanwisata

Yuk bagikan