Kopi biji salak, salah satu olahan dari buah salak pondoh sleman ini merupakan produk yang menarik perhatian para masyarakat. Ternyata biji salak yang biasanya setelah makan buah salaknya kita buang, bijinya dapat dijadikan menjadi bubuk kopi, dan memiliki khasiat yang banyak. Kopi ini cepat diterima oleh para penikmat kopi karena memilki cita rasa yang khas kopi, dan juga ditambah sedikit aroma buah salak yang segar. Kopi biji salak ini dibuat murni dari biji salak tanpa tambahan bubuk kopi lainnya, hasil seduhannya tetap berwarna hitam pada umumnya, hanya saja aromanya tidak terlalu tajam karena ada aroma salaknya dan rasa kopi biji salak ini lebih lembut dibandingkan kopi pada umumnya.
Khasiat kopi biji salak ini diantaranya dapat membantu mencegah beberapa penyakit. Hal ini juga sudah diteliti dan dibuktikan bahwa di dalam kopi biji salak ini terkandung pektin dan flavonoid. Pektin adalah senyawa untuk mencegah kanker, sedangkan flavonoid adalah senyawa yang efektif mencegah asma, katarak, diabeter, reumatik, hipertensi dan beberapa penyakit-penyakit lainnya. Selain itu, kopi  ini juga sama sekali tidak mengandung kafein, sehingga aman bagi lambung, dan tidak membuat ketagihan. Kuliner satu ini juga dapat mengurangi rasa nyeri pada persendian, dapat melancarkan sistem pencernaan dan dapat meningkatkan kinerja otot.

Kopi Biji Salak
Kopi Biji Salak

Untuk meramu biji salak ini menjadi kopi sangatlah sederhana. Cukup menjemur biji salak hingga kering, kemudian disangrai (menggoreng tanpa minyak) sampai warnanya agak kehitaman dan mengeluarkan aroma yang khas. Kemudian, jika sudah kering dan hitam, ditumbuk dan dihaluskan hingga seperti bubuk kopi. Kopi biji salak ini sudah banyak dijual, terutama ke pusat oleh-oleh yang ada di Donokerto, Turi, Sleman. Di sana kopi ini di kemas dan dibandrol dengan harga sekitar Rp. 25.000,-. Jadi jangan sampai kelewatan untuk membeli kopi yang satu ini dijamin lidah anda akan ketagihan setelah mencicipinya. Kopi ini juga hanya ada dan asli dari kabupaten Sleman.

Penulis: Anggita Fitriana
Editor: Supra Yoga Pratama
Foto: Biji Salak

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account