Kuliner Khas Sleman sangat beraneka ragam tentunya. Kuliner menjadi salah satu dari beberapa hal yang perlu dinikmati di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Selain dengan wisata khas pedesaan yang terkenal, juga objek objek wisata alam seperti Kaliurang, dan tentunya kuliner khas Sleman juga tidak boleh lepas dari incaran para wisatawan yang berkunjung ke Sleman. Kuliner khas Sleman yang perlu dicoba diantaranya seperti: jadah tempe, salak pondoh dan sate kelinci Kaliurang. Selain rasanya yang enak, harga kuliner khas Sleman ini juga cukup terjangkau.

Jadah tempe merupakan satu dari banyaknya kuliner khas Sleman, kuliner satu ini merupakan gabungan dari 2 macam makanan, yaitu jadah yang merupakan olahan dari ketan dan tempe atau tahu yang diolah dengan cara dibacem dengan rasa manis. Makanan ini umumnya disajikan dengan bungkus daun pisang, dan biasanya dapat kita jumpai di sekitar area wisata Kaliurang. Untuk harga, cukup dengan Rp. 5000,- sd Rp. 10.000 per porsinya. Selain itu ada salak pondoh. Buah ini banyak kita jumpai di sekitar daerah Kecamatan Turi, Tempel dan disekitar jalan Raya Jogja – Magelang. Umumnya kita bisa membeli buah ini dengan harga Rp. 3000,- sd Rp. 7500 per kg.

kuliner khas sleman
kuliner khas sleman

Selain salak pondoh, wisatawan yang datang ke sini bisa langsung menuju kawasan Turi dan akan menemukan kuliner lainnya yaitu Entok Slenget. Sesuai dengan namanya, kuliner ini berbahan dasar daging entog atau mentog. Sedangkan kata “slenget” dapat diartikan “tersambar”, dinamakan seperti itu karena kuliner khas Sleman ini disajikan seperti rica-rica, dan rasanya membuat lidah panas karena pedas. Entok Slenget ini berlokasi di daerah Donokerto, Turi. Harga untuk satu porsi entok slenget yaitu Rp. 17.000. Selain kuliner-kuliner tersebut, masih banyak lagi tempat wisata yang wajib dan perlu dicicipi. Jadi tunggu apa lagi buat  sleman menjadi salah satu destinasi wisata anda jika ke Jogja dan jangan lupa ajak teman dan saudara anda.  Sembari menikmati suasana adem khas pedesaan Sleman, menyantap kuliner khas Sleman merupakan satu paket lengkap untuk menikmati kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Penulis: Anggita Fitriana
Editor: Supra Yoga Pratama

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account