Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan

manfaat daun salam

Manfaat daun salam sangatlah banyak sekali, daun ini sudah diketahui khasiatnya sejak jaman nenek moyang kita. Daun Salam sendiri merupakan daun yang biasanya digunakan sebagai penambah cita rasa dari masakan agar lebih enak dan nikmat disantap. Namun, ternyata selain sebagai penyedap masakan, daun salam juga memiliki manfaat lain untuk keseharan dan baik untuk tubuh kita. Manfaat dari daun salam diantaranya:
1. Menurunkan dan menyembuhkan kolesterol
Manfaat Daun salam yang pertama yaitu menurunkan Kolesterol, Kolesterol merupakan penyakit yang akhir-akhir ini sering dialamai oleh masyarakat. Terlalu banyak kolesterol akan berakibat buruk terhadap tubuh kita. Untuk itu, pasti banyak yang ingin menurunkan kolesterol. Daun salam dapat menjadi salah satu alternatif untuk menyembuhkan dan menurunkan kolesterol. Daun salam yang masih segar, dicuci kemudian direbus dengan 3 gelas ari hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin, kemudian disaring dan air rebusan dari daun salam tersebut diminum sebanyak 2 kali sehari. Lakukan secara rutin agar manfaatnya cepat terasa.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Kaktus
Baca Juga : Wisata Kuliner Sego Goreng Kambing

2. Menurunkan asam urat
Manfaat daun salam selanjutnya menurunkan Asam Urat. Asam urat merupakan salah satu gangguan persendian, terutama untuk orang yang sudah lanjut usia. Untuk mengatasinya, dapat menggunakan daun salam dengan carai dijemur dibawah sinar mataharo. Kemudian, direbus dengan air besar sebanyak 10 gelas hingga tersisa 7 gelas saja. Agar ramuannya efektif, minum teratur sebanyak 1 hingga 2 kali sehari.
3. Mengobati sakit mata
Manfaat Daun Salam dapat digunakan juga untuk mengobati sakit mata. Jika sudah terlanjut sakit, maka dapat diobati dengan cara mengusapkan air rebusan daun salam pada mata yang sakit. Dilakukan secara rutin setiap harinya hingga sembuh.

manfaat daun salam

manfaat daun salam

4. Menyembuhkan gangguan pencernaan
Manfaat daun salam juga bisa menyembuhkan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan terjadi karena adanya gangguan pada penyerapan sari-sari makanan. Sembelit dan diare merupakan salah satu penyakit gangguan pencernaan. Dengan rebusan daun salam yang dicampur dengan sedikit garam, bisa mengobati gangguan pencernaan. Diminum saat gangguan pencernaan menyerang, maka pencernaan akan lebih enak dan gangguan pencernaannya akan semakin menghilang.
5. Menjaga sistem kardiovaskuler
Daun salam mengandung senyawa yang berharga seperti rutin, salisilat, asam caffeic, dan fitonutrien yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah stroke. Sedangkan senyawa flavanoid mampu menormalkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Prakteknya adalah dengan merebus daun salam dengan 3 gelas air, kemudian biarkan hingga tersisa 1 gelas air. Diminum satu kali sehari secara rutin.
Nah bagaimana cukup banyak sekali bukan khasiat dari daun salam, jadi bagi anda yang mengidap beberapa penyakit di atas bisa nih menggunakan daun salam sebagai obatnya. Selain buat bumbu masak Manfaat daun salam ternyata banyak lagi bukan.

Penulis : Anggita F
Editor : Supra Yoga Pratama
Image :

Yuk bagikan