Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu museum terbaik di Jogja. Museum  ini menawarkan wisata budaya Jogja. Lokasi dari museum Ullen Sentalu adalah berada di Jalan Boyong Kaliurang Sleman Yogyakarta. Pengunjung bisa datang secara rombongan atau perorangan. Dengan harga tiket yang ditawarkan adalah untuk orang dewasa sebesar 30.000 rupiah sedangkan untuk anak anak usia 5 hingga 16 tahun tiketnya adalah sebesar 15.000 rupiah. Bagi pengunjung yang datang secara rombongan, dengan membawa anggota sebanyak 25 orang akan mendapatkan 1 tiket gratis. Dan untuk pelajar akan mendapatkan harga khusus. Tidak hanya dari wisatawan local, Ullen Sentalu tak jarang juga dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Harga tiket untuk wisatawan mancanegara adalah sebesar 50.000 rupiah untuk dewasa dan 30.000 rupiah untuk anak-anak usia 5 hingga 16 tahun. Jam buka Museum Ullen Sentalu adalah setiap hari Selasa hingga Jumat mulai pukul 08.30 hingga pukul 16.00 WIB dan pada hari Sabtu-Minggu buka mulai pukul 08.30 hingga 17.00 WIB. Ullen Sentalu tidak menerima kunjungan atau libur pada hari Senin.
Wisata yang ditawarkan Museum Ullen Sentalu adalah wisata budaya jawa khususnya kraton jogja. Pada bangunan museum dibagi menjadi beberapa ruangan. Dengan dipandu oleh pemandu wisata yang berpengalaman, pengunjung pertama kali akan diajak untuk masuk ke ruangan yang menyimpan karya seni dan gamelan jawa. Di ruangan selanjutnya yang bernama Guwo Selo Giri pengunjung akan disuguhi dengan pameran lukisan dari tokoh yang mewakili empat figure dinasti Mataram. Di ruangan ketiga yaitu Kampung Kambang atau dalam Bahasa Indonesia berarti Kampung yang mengapung, yang terdiri dari lima ruang pamer yang berisi koleksi batik, syair, hingga album hidup GRKay Siti Nurul Kusumawardhani. Di ruangan terakhir yaitu Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa yang merupakan museum outdor pengunjung bisa berfoto dengan replica dari relief candi Borobudur yang dipasang miring. Diakhir tur, pengunjung akan disuguhi minuman tradisional jamu khas yang merupakan racikan dari keraton jogja.

museum ullen sentalu
museum ullen sentalu

Bagi Anda yang sedang berada di Jogja atau memiliki rencana untuk berwisata di Jogja, Museum Ullen Sentalu wajib anda masukkan kedaftar kunjungan wisata budaya Anda. Selain dapat membuat hati senang, berwisata budaya ke Ullen Sentalu juga bisa menambah wawasan Anda tentang budaya jawa khususnya Jogjakarta.

Penulis : Dian Ayu SP
Editor : Supra Yoga Pratama
Foto : Ullen Sentolo

Supra Yoga Pratama

leave a comment

Create Account



Log In Your Account