Pecel Solo Jogja, dari nama tempat ini bukan berarti tempatnya ada di Solo. Resto ini ada di Jogja, tepatnya di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Sleman. tetapi, Pecel Solo yang ada di Sleman ini juga merupakan cabang kedua dari Pecel Solo yang ada di Solo. Walaupun namanya Pecel Solo Jogja, di resto ini tidak hanya menyediakan menu pecel saja. Banyak varian menu yang disediakan, sayur-sayurnya ala desa, aneka sambal dan kudapan, dan bermacam-macam nasi dari mulai nasi putih, nasi tumpeng, nasi kuning, nasi beras merah, nasi krawu, dan nasi rames. Selain itu juga ada bermacam-macam pilihan tambahan lauk seperti telur asin, telur opor dan lain-lain.
Penampilan resto Pecel Solo ini benar-benar bernuansa budaya Jawa. Resto ini pun berbentuk joglo, interior khas jawa dan furniture jawa yang menghiasi seluruh ruangan, begitu masuk resto Pecel Solo Jogja ini pun langsung terdengar alunan gending Jawa yang melantun dengan lembut dan membuat syahdu resto ini. Banyak barang-barang antik yang dipajang sebagai meja, kursi ataupun hiasan seperti dingklik, gerobok, lesung, lemari-lemari jawa kuno, gebyok, dan lampu-lampu hingga toples-toples kuno. Selain itu juga terdapat tempat tidur antik dari kayu jati kuno yang dijadikan tempat lesehan makan. Resto Pecel Solo ini sangat tepat jika ingin mendapatkan makanan khas desa dan tempat yang juga khas Jawa jaman dulu.

pecel solo jogja
pecel solo jogja

Resto Pecel Solo Jogja ini memiliki kapasitas hingga 500 orang, sehingga walaupun ramai, suasana sepi dan damainya masih tetap terasa. Menu favorit resto Pecel Solo ini yaitu nasi liwet, garang asem dan yang pasti pecel. Pecel yang ada di resto ini terdiri dari 9 macam sayuran, diantaranya bayam, daun lembayung, jantung pisang, kenikir, kacang panjang, daun pepaya, daun singkong, petai cina, dan tauge. Tauge yang ada di pecel ini mentah dan diatasnya diberi bumbu urap. Yang istimewa adalah sambelnya dibuat dengan cabe yang ditumbuk kasar, tidak dengan daun jeruk, melainkan daunnya dipotong tipis-tipis. Jawara Kulinernya Jogja yaitu Resto Pecel Solo Jogja ini sangat tepat jika ingin mendapatkan makanan khas desa dan tempat dengan nuansa khas Jawa yang asri.

Penulis: Anggita
Editor: Supra Yoga Pratama
Foto:

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account