Penyebab demam berdarah haruslah kita ketahui sebagai jalan utnuk menghindari penyakit yang bisa di bilang mematikan ini. Sebelum itu kita harus tahu arti masing masing dulu. Demam adalah hal yang sering kita temui apabila seseorang sedang mengalami penurunan imunitas dalam tubuhnya, demam yang berkepanjangan patut diwaspadai adanya gejala DBD dalam tubuh. Penyakit Demam Berdarah (DBD) atau biasa dikenal secara medis sebagai Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) ialah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.
Penyakit DBD pertama kali di indonesia ditemukan di Surabaya pada tahun 1968, akan tetapi konfirmasi virologis baru didapat pada tahun 1972. Sejak itu penyakit tersebut menyebar keberbagai daerah, sehingga sampai tahun 1980 seluruh propinsi di indonesia kecuali timor-timur telah terjangkit penyakit ini. Sejak pertama kali ditemukan, jumlah kasus menunjukkan kecenderungan meningkat dari tahun ketahun baik dalam jumlah maupun luas wilayah (Drs H aksin Z Msi). Penyebab demam berdarah paling banyak karena lingkungan yang tidak bersih.

Penyebab demam berdarah
Penyebab demam berdarah

Penularan DBD terjadi melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang sebelumnya telah membawa virus dalam tubuhnya dari penderita DBD lain. Nyamuk ini sering menggigit manusia pada waktu pagi (setelah matahari terbit) dan siang hari (sampai sebelum matahari terbenam). Orang yang beresiko terkena demam berdarah adalah anak-anak yang berusia dibawah 15 tahun, dan sebagian besar tinggal di lingkungan lembab atau daerah pinggiran yang kumuh. Oleh karena itu kita harus tahu Penyebab demam berdarah agar terhindar dari penyakit ini.
Gejala klinis yang sering terjadi antara lain

1. Demam tinggi yang mendadak 2-7 hari
2. Manifestasi pendarahan (hidung, gusi, mimisan,kulit lengan)
3. Hepatomegali (pembesaran hati)
4. Syok,tekanan nadi kurang dari 20 mmHg, tekanan sistolik kurang dari 80 mmHg
5. Trombosit, pada hari ke 3-7 dibawah 100.000/mm
6 Gejala klinik lain: lemah,mual,muntah,sakit perut,diare,kejang dan sakit kepala.

Berikut ini cara terbaik untuk mencegah terjadinya demam berdarah dengan menghindari diri terkena gigitan nyamuk perantara virus. Karena hingga saat ini belum ada vaksin yang dapat menangkal demamnya. Berikut tips menghindari diri dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus sebagai perantara virus dengue penyebab demam berdarah:
1. Mensterilkan ruangan rumah dengan pembasmi serangga yang bisa dibeli bebas di pasar atau apotek.
2. Melakukan fogging guna membasmi sarang nyamuk.
3. Bergotong royong bersama guna membersihkan selokan-selokan serta membuang sampah-sampah yang bisa menampung air sebagai media bertelur oleh nyamuk.
4. Membersihkan bak mandi dan menaburkan serbuk abate agar jentik-jentik nyamuk mati.
5. Menutup, membalik, atau jika perlu menyingkirkan media-media kecil penampung air lainnya yang ada di rumah Anda.
6. Memasang kawat antinyamuk di seluruh ventilasi rumah Anda.
7. Memasang kelambu di ranjang tidur Anda.
8. Memakai losion antinyamuk, terutama yang mengandung N-diethylmetatoluamide(DEET) yang terbukti efektif. Namun jangan gunakan produk ini di sekitar bayi yang masih berusia di bawah dua tahun.
9. Mengenakan pakaian yang cukup bisa melindungi Anda dari gigitan nyamuk penyebab demam berdarah

Penulis : Misfah Fitria Astanti
Editor : Supra Yoga Pratama
Foto : RS Bojonegoro

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account