Pesona Sunset di Candi Ratu Boko – Kemegahan bangunan-bangunan situs purbakala dengan arsitektur yang bernilai tinggi dan sangat menarik untuk dinikmati di Kabupaten Sleman. Salah satu situs purbakala yang menawarkan daya tarik yang mempesona adalah situs Ratu Boko. Selain menarik dari sisi arsitektur, situs Ratu Boko juga menawarkan kekayaan panorama alam tak terlupakan bagi anda yang mengunjunginya. Daya tarik yang sayang bila dilewatkan adalah keindahan sunset di situs Ratu Boko dan pemandangan serta panorama keindahan alam.

Sunset Situs Ratu Boko

Meskipun Sleman tidak memiliki pantai, namun Sleman menawarkan keindahan panorama terbenamnya matahari di sore hari (sunset) yang berbeda dari panorama di pantai. Untuk menikmati keindahan matahari yang pulang ke peraduan dengan perspektif yang berbeda, anda dapat menikmatinya di lokasi situs Ratu Boko yang berada di Kecamatan Prambanan, Sleman.

Untuk menikmati sunset anda harus sampai di situs Ratu Boko sebelum jam 16.00 atau jam 4 sore. Jangan lupa pastikan bahwa cuaca saat itu cerah. Sesampai di situs Ratu Boko anda harus bergegas menuju gerbang situs Ratu Boko karena di titik inilah keindahan sunset dapat anda nikmati. Anda dapat mengambil posisi di anak tangga gerbang, di tengah gerbang atau di pelataran atas setelah masuk gerbang.

Pesona Sunset di Candi Ratu Boko

Dari lokasi inilah dapat terlihat jelas matahari serupa bola kuning yang perlahan turun ke bumi. Sementara itu cahaya kuning keemasan tampak indah mengelilingi bola kuning dan berpendar ke angkasa. Bila anda mengambil posisi di pelataran setelah masuk gerbang situs Ratu Boko maka akan terlihat bola kuning tersebut berada dalam kurungan gerbang situs. Meski sunset di situs Ratu Boko hanya berlangsung beberapa menit saja namun keindahannya akan menjadikan pengalaman tersendiri bagi anda yang tak akan terlupakan.

Selain mengambil posisi di sekitar gerbang situs Ratu Boko, anda dapat juga menikmati sunset di candi pembakaran. Lokasi candi pembakaran yang merupakan titik tertinggi dari Candi Ratu Boko memungkinkan anda untuk menikmati tenggelamnya matahari di balik gerbang Candi Boko. Candi Pembakaran ini berada di sebelah kiri dan sedikit ke atas setelah anda memasuki gerbang. Lokasi lain seperti di Cafe Andrawina juga dapat menjadi pilihan. Di Cafe ini anda dapat meminta disediakan tempat makan di belakang cafe dekat tebing sehingga anda dapat menikmati indahnya sunset sembari menunggu santapan makan malam.

Melihat Keindahan Panorama di Puncak Perbukitan

Situs Ratu Boko berada di atas perbukitan Prambanan yang berjarak sekitar 2-3 km arah selatan Candi Prambanan. Meski di puncak perbukitan namun situs ini mudah dijangkau dengan sarana angkutan apa saja yang anda gunakan. Bila posisi anda di pusat kota Yogyakarta, anda hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk menjangkau situs Ratu Boko. Secara administratif situs Ratu Boko berada di wilayah Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman.

Posisi situs yang berada di puncak perbukitan kapur ini menjadikan situs Ratu Boko memiliki keelokan tersendiri dibandingkan situs-situs lainnya. Dari kompleks situs Ratu Boko dapat anda dinikmati suasana pemandangan alam (city view) yang sangat indah. Hamparan lahan pertanian tampak bagaikan permadani yang terbentang luas di bawah perbukitan. Sementara itu bila pandangan anda sedikit diarahkan ke utara maka akan tampak kemegahan Candi Prambanan dan Candi Sewu. Keindahan panorama alam dari situs Ratu Boko tak berhenti di sini, bila cuaca sedang bersih atau cerah maka anda dapat melihat kegagahan Gunung Merapi yang menjadi latar belakang Candi Prambanan.

Pesona Sunset di Candi Ratu Boko

Keindahan panorama alam juga dapat dinikmati dari sisi utara andrawina cafe yang berada di komplek parkir atas. Bila anda parkir di bawah maka anda dapat menuju lokasi dengan menaiki puluhan anak tangga. Keindahan alam juga dapat terlihat dengan berjalan sedikit naik dari tempat pembelian tiket dan mengarahkan pandangan ke arah kiri atau sedikit mendekat ke sisi tebing perbukitan.

Bagi anda yang gemar tracking, Ratu Boko menjadi pilihan yang tepat. Para wisatawan dapat menyusuri tidak hanya kompleks Candi Ratu Boko namun juga kompleks candi-candi di sekitarnya diantaranya Candi Ijo, Banyunibo dan Candi Barong. dan tentunya melihat Pesona Sunset di Candi Ratu Boko.

Indah Untuk Berfoto

Melangkah masuk dari gerbang situs Ratu Boko berarti anda mulai menapaki kompleks situs yang dibangun pada abad ke 8. Bentuk fisik situs Ratu Boko diperkirakan merupakan sebuah bangunan keraton. Di kompleks situs Ratu Boko ini terdapat bekas gapura, ruang paseban, kolam, pendopo, pringgitan, keputren dan dua ceruk gua untuk bermeditasi.

Bagi anda yang hobi fotografi, kompleks situs Ratu Boko dapat menjadi alternatif lokasi pengambilan gambar. Variasi bangunan di kompleks situs akan menjadi daya tarik tersendiri dan memberikan pilihan suasana yang beragam. Salah satu lokasi untuk mengambil gambar yang tidak ada di situs yang lain adalah kompleks kolam pemandian yang berada di sisi timur atau belakang bangunan.

Pesona Sunset di Candi Ratu Boko

Keindahan lokasi dengan berbagai variasi bangunan ini juga cocok untuk pengambilan gambar pra pernikahan (pre-wedding). Dengan keunikan yang dimiliki, lokasi ini memberikan pilihan pengambilan foto yang berbeda dibanding dengan spot lain. Banyak diantara pasangan yang mengambil gambar di depan gerbang candi Ratu Boko dan di kompleks kolam pemandian. Kehijauan bidang lahan di antara gerbang hingga kompleks candi lain juga kerap dipergunakan sebagai lokasi pemotretan. Disamping itu, beberapa pasangan juga memanfaatkan panorama sunset sebagai bayangan siluet pemotretan.

Sumber: SlemanKab
Foto: Panduan Wisata

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account