PNS Sleman Terima Satyalancana, Sebanyak 200 orang pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya, Kamis (10/11/2016). Mereka dianugerahi tanda bakti tersebut karena dinilai tidak pernah berbuat tercela selama tugasnya. Tanda kehormatan satyalancana ini sendiri diberikan kepada PNS yang telah memasuki masa kerja 10-30 tahun.

Baca Juga : Desa Wisata Trumpon

Mereka (PNS Sleman Terima Satyalancana) berasal dari berbagai instansi dengan perincian 136 orang tanda kehormatan 30 tahun, 61 orang tanda kehormatan 20 tahun dan 3 orang tanda kehormatan 10 tahun yang diujudkan dalam bentuk piagam dan lencana. Penerima Satyalancana Karya Satya paling banyak sejumlah 159 orang yang berasal dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. “Satya Lencana diberikan setiap tahun kepada PNS yang sudah masuk masa tugas 10-30 tahun. Penganugerahan dalam bentuk piagam dan lencana,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sleman, Iswoyo Hadiwarno.

Baca Juga : Wisata Budaya Merti Dusun Mbah Bergas

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun mengatakan, penghargaan (PNS Sleman Terima Satyalancana) ini diberikan sebagai atas jasa mereka dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sesuai etika profesi dalam Panca Prasetya Korpri. Panca Prasetya Korpri diantaranya, mampu selalu mengedepankan prinsip-prinsip kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran dan kedisiplinan. Menurutnya, Panca Prasetya Korpri ini harus ditaati dan dilaksanakan oleh setiap PNS karena bertujuan untuk menciptakan sosok PNS yang profesional, jujur, bersih dari segala korupsi, kolusi, nepotisme dan berjiwa sosial.

PNS Sleman Terima Satyalancana
PNS Sleman Terima Satyalancana

“Terlebih dalam era reformasi birokrasi, semua PNS Kabupaten Sleman harus merubah pola pikirnya menjadi PNS yang proaktif memberikan pelayanan, mampu berpikir kedepan dan bekerja secara profesional,” kata Sri. Citra negatif yang sering ditujukan kepada PNS, menurutnya hanya akan hilang jika para PNS mampu memperlihatkan kinerja yang baik, bekerja secara profesional dan mengedepankan etika profesi dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab.
“PNS juga dituntut untuk tidak bersifat pribadi yang statis atau beku tetapi harus menghendaki adanya perubahan ke arah yang lebih baik,” kata Sri.

Sumber : TribunSleman
Image : Agung Ismiyanto

Supra Yoga Pratama

leave a comment

Create Account



Log In Your Account