Program Desa Wisata Minomartani saat ini sudah mulai di kembangkan dengan potensi yang cukup menarik. Disini tersedia sentra pembuatan Bakpia yang merupakan salah satu makanan khas dan oleh-oleh khas daerah ini. Minomartani sendiri merupakan salah satu dari 6 desa di Kecamatan Ngaglik memiliki luas wilayah 153,1440 ha. Desa Minomartani terbagi ke dalam pedukuhan, dan Desa Minomartani terdiri dari 6 pedukuhan. Pedukuhan yang ada di Desa Minomartani Salah satunya berupa perumahan dengan penduduk yang begitu heterogin sesua dengan tipe-tipe perumahan yang ditempatinya. Sehingga program desa wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi.

program desa wisata
program desa wisata

Ide pembuatan bakpia Mino yang merupakan makanan khas dan saat ini sudah menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa pulang para wisatawan dicetus oleh Ibu Sumidah dan Suharti pada tahun 1997. Mereka beruda memiliki keahlian membuat bakpia yang sudah di wariskan secara turun temurun dari nenek moyang mereka dulunya. Pada akhirnya mereka memutuskan memulai bisnis bakpia hingga saat ini, dan sudah menginspirasi warga Minomartani. Dengan potensi yang sangat menjanjikan dan juga bisa menjadi mata pencaharian penduduk desa maka Bakpia Mino menjadi Salah satu program desa wisata Minomartani. Saat ini warga dan pemerintah ikut mengembangkan usaha bakpia sebagai program desa wisata bersama sama.

Pemerintah Kecamatan Ngaglik sangat mendukung penuh industri Bakpia sebagai program desa wisata ini dengan memberi pembekalan wirausaha yang terstruktur dan bersekala. Di Minomartani inilah para warga hidup rukun dan tidak saling menjegal dalam menjalankan bisnis Pembuatan Bakpia, malahan saling mendukung. Perlahan kawasan Bakpia Mino sering mendapat kunjungan dari rombongan wisatawan yang tadinya hanya keluarga saat ini menjamur dan semakin rame dan banyak sekali Bus Bus wisata yang masuk. Sehingga Kawasan bakpia ini berkembang pesat dan mampu menyaingi pamor bakpia pathuk yang lebih dahulu tenar dan semoga salah satu  Program Desa Wisata Minomartani ini dapat berjalan.

 

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create Account



Log In Your Account