Ritual Budaya Saparan Bekakak merupakan acara kirab budaya yang rutin diadakan setiap tahun. Sesuai dengan namanya Saparan, kirab budaya ini diadakan pada bulan Sapar pada penanggalan Jawa yang jatuh pada bulan November kalender Hijriah. Saparan Bekakak diadakan di Desa Ambarketawang Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Saparan yang berarti bulan Sapar, dan Bekakak berarti hewan atau manusia yang dijadikan persembahan. Manusia yang dimaksutkan pada ritual ini adalah boneka temanten atau pengantin jawa yang terbuat dari tepung ketan dan gula jawa.

Baca Juga: Museum Affandi Seni dan Budaya

Awal mula diadakannya Ritual Budaya Saparan Bekakak adalah berawal dari abdi dalem Hamengkubuwana I yang bernama Ki Wirasuta. Pada saat pembangunan Kraton Yogyakarta berlangsung, para abdi dalem kraton tinggal di pesanggrahan Ambarketawang kecuali Ki Wirasuta. Ki Wirasuta memilih untuk tinggal di gua yang berada di Gunung Gamping. Pada bulan purnama, antara tanggal 10 dan 15, tepat dihari jumat, terjadi musibah longsor di Gunug Gamping. Ki Wirasuta dan keluarga menjadi korban longsor tersebut dan tidak ditemukan jasadnya. Hilangnya Ki Wirasuta dan keluarga di Gunung Gamping diyakini warga bahwa arwah dan jiwanya tetap berada di Gunung gamping. Sebenarnya di sleman juga banyak sekali wisuta budaya yang wajib kita tau selain Ritual budaya saparan bekakak, misalnya pagelaran wayang kulit, mertabumi tunggul arum, sendratari ramayana dan berbagai budaya lainnya yang sangat menarik.

Ritual Budaya Saparan Bekakak
Ritual Budaya Saparan Bekakak

Tujuan diadakannya Ritual Budaya Saparan Bekakak ini adalah untuk memohon keselamatan dan menghormati kesetiaan Ki Wirasuta dan Nyi Wirasuta kepada Sri Sultan Hamengkubuwana I. Namun sekarang ritual ini telah menjadi acara budaya yang bertujuan untuk menarik minat wisatawan. Dalam acara budaya Saparan Bekakak banyak disajikan atraksi budaya, jathilan, dan kesenian lain khas desa Ambarketawang Sleman. Acara budaya ini telah menjadi agenda rutin budaya yang ada di Ambarketawang. Tak hanya di Ambarketawang Sleman, Ritual Budaya Saparan Bekakak juga telah menjadi wisata budaya yang patut untuk dikunjungi dan dinikmati ketika Anda sedang berlibur di Jogja.

Penulis : Dian Ayu SP
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : slbn1bantul

Supra Yoga Pratama

comments
  • Ntappss…. minggu depan tanggal 18 November Hari Jum’at

  • leave a comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Create Account



    Log In Your Account