Salak Pondoh Sleman merupakan buah khas yang banyak dijual di Kabupaten Sleman terutama di bagian utara wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyak tempat di Sleman yang menjual salak, salah satunya adalah di jalan Tempel – Turi. Di sepanjang jalan yang menghubungkan kecamatan di kaki gunung Merapi tersebut banyak yang menjual Salak Pondoh Sleman, karena di kedua kecamatan tersebut yang merupakan pusat perkebunan salak pondoh Sleman. Rasanya yang manis, menjadikan salak pondoh sebagai buah favorit para wisatawan. Jadi, pasti kurang lengkap rasanya bekunjung ke Sleman tanpa membeli salak pondoh ini.

Salak Pondoh Sleman
Salak Pondoh Sleman

Ternyata, salak pondoh Sleman ini merupakan salah satu dari tiga jenis salak yang paling enak. Macam-macam salak yang dijual oleh para penjual salak di sekitaran jalan Tempel – Turi diantaranya adalah salak madu, salak gading, dan salak pondoh. Tiga macam salak tersebut merupakan salak yang dipanen dari wilayah perkebunan yang sama, walaupun selama ini Salak Pondoh Sleman merupakan salak yang paling terkenal. Rasa dari tiga macam salak tersebut juga berbeda-beda. Bahkan tampilannya pun dapat dilihat perbedaannya. Soal rasa tentunya sudah melegenda, tak da yang bisa memungkiri manisnya rasa salak pondoh ini bukan.
Salak madu ukurannya lebih besar dari salak pondoh, warna kulitnya lebih terang dari salak pondoh dan rasanya lebih manis. Sedangkan salak gading memiliki warna kulit kuning terang dan rasanya agak asam. Selain banyaknya macam salak yang disediakan, salak pondoh yang dijual oleh para penjual salak langsung dipetik dari kebunnya. Sebelum membeli pun, pembeli dapat mencicipi terlebih dahulu salak pondoh tersebut. Setiap harinya para penjual salak pondoh di kawasan jalan Tempel – Turi tersebut mulai menjual dagangannya dari pagi sekitar pukul 07.00 hingga malam hari.Jadi buruan visit ke Jogja dan mampie ke Kabupaten sleman ajak juga keluarga dan teman atau kekasih anda untuk menikmati salah satu buah unggulan yang ada di kabupaten sleman dan menjadi kuliner khas sleman, yang wajib anda nikmati, jangan lupa abadikan momennya dengan slefi sefie bareng  Salak Pondoh Sleman.

Penulis: Anggita Fitriana
Editor: Supra Yoga Pratama

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account