Siomay Kang Cepot – Siomay merupakan salah satu jenis makanan khas Mandarin yang merupakan salah satu jenis dimsum. Biasanya di daerah negara Mandarin kulit siomay serupa dengan kulit pangsit. Di Indonesia, siomay memiliki berbagai jenis varian berdasarkan daging untuk isinya, diantaranya siomay ikan tengiri, ayam dan masih banyak lagi. Di beberapa daerah di Indonesua, siomay tidak selalu tampilannya dibungkus kulit seperti layaknya siomay yang dijual di negara Mandarin. Sebelum dihidangkan, biasanya siomay dikukus terlebih dahulu. Kemudian, disajikan dengan sirama saus kacang yang terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan diencerkan dengan air. Siomay di Indonesia dijual dengan berbagai macam cara, seperti dengan sepeda kayuh yang biasanya ada di daerah sekolah atau rumah-rumah, gerobak keliling dan warung makan.

Baca Juga : Ayam Betutu Bali di Jogja
Baca Juga : Sego Goreng Kambing Jogja

Bertempat di Jalan Kaliurang km 8,5, pak Mudi, penemu resep Siomay Kang Cepot ini mendirikan usahanya. Berdiri sejak tahun 1987, Siomay Kang Cepot awalnya tidak berbentuk seperti sekarang yang tempatnya merupakan warung makan khusus siomay. Sebelumnya, pak Mudi berjualan siomay menggunakan gerobak kecil. Kemudian pada tahun 1994, beliau tidak lagi berjualan menggunakan gerobak dan membeli rumah di daerah jalan Kaliurang untuk mendirikan usaha Siomay Kang Cepot ini. Ketika memasuki warung makan Siomay Kang Cepot ini, kita akan langsung diberi keleluasan untuk memilih sendiri macam siomay yang diinginkan. Di warung makan ini diberi beberapa pilihan jenis daging siomaynya, pilihannya ada daging tengiri, daging sapi dan juga daging ayam. Selain siomay, juga ada beberapa menu pelengkap, seperti tahu, kentang, kubis, telur, dan pare.

siomay kang cepot jakal
siomay kang cepot jakal

Setelah memilih siomay, maka kita akan ditawari apakah ingin digoreng atau disediakan basah saja. Jika ingin beberapa siomay dan pelengkap yang digoreng juga bisa. Selain itu juga diberi pilihan ingin disajikan dengan bumbu kacang yang gurih atau pedas. Bumbu kacang yang disajikan, tidak langsung disiram ke siomaynya, tetapi ditaruh di mangkuk tersendiri, sehingga, pengunjung dapat menuangkan sebanyak yang pengunjung ingin. Menurut beberapa pengunjung yang datang ke Siomay Kang Cepot ini, yang membedakan siomaynya dengan siomay lain adalah dari bumbu kacangnya yang lebih lembut dan nikmat. Untuk menikmati siomay Kang Cepot ini, ada dua jenis minuman yang disediakan, ada teh dan jeruk yang dapat dinikmati dingin ataupun panas. Selain itu, di setiap meja juga disediakan teko yang berisi air putih dan gelas. Sehingga, jika ingin minum air putih tinggal mengambil sendiri. Siomay Kang Cepot ini selalu ramai saat makan siang, warung makan ini buka mulai pukul 9 pagi hingga pukul 10 malam. Dibandrol dengan harga Rp. 2500 hingga Rp. 5000 untuk macam-macam siomaynya. Sedangkan pelengkapnya mulai dari Rp. 1000 hingga Rp. 1500. Siomay Kang Cepot ini selain harganya yang terjangkau, rasanya pun tidak mengecewakan, sangat cocok untuk alternatif jika sedang rindu dengan makanan campuran Mandarin dan Jawa Barat ini.

Penulis : Anggita F
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : Jawara Kuliner

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account