Taman Wisata Plawangan Turgo merupakan tempat wisata alam yang termasuk dalam bagian dari Taman Nasional Gunung Merapi. Secara administratif, letak dari Taman Wisata Plawangan Turgo berada di Desa Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta. Di Taman Wisata Plawangan Turgo terdapat Bukit Plawangan yang menawarkan keindahan pemandangan Kaliurang dari atas ketinggian. Letak Bukit Plawangan berada di sebelah timur Bukit Turgo dan di sebelah barat Tlogo Muncar. Terdapat dua jalur untuk bisa menuju puncak Bukit Plawangan, yaitu melalui jalur Tlogo Muncar atau yang lebih dikenal dengan Hutan Wisata TNGM Kaliurang. Jalur kedua adalah melalui bekas area Tlogo Nirmala yang berada di sebelah barat bumi perkemahan Kaliurang.

Baca Juga : Wisata Kaliadem Kabupaten Sleman
Baca Juga : Wisata Kuliner Sate Kelinci Sleman

Dari pintu gerbang wisata Bukit Plawangan, pengunjung bisa berjalan menuju kearah tangga yang terletak di sebelah kanan. Di setangah perjalanan pengunjung bisa melihat pemandangan Kaliurang dari ketinggian dan pengunjung bisa melihat puncak Bukit Turgo yang berada di samping Bukit Plawangan. Di persimpangan jalan, pengunjung akan menemui dua buah jalan menuju puncak Bukit Plawangan dan jalan yang menuju ke Goa Jepang. Sesampainya di puncak pengnjung bisa melihat pemandangan sekitar yang indah dan menyegarkan. Jika cuaca sedang cerah pengnjung bisa melihat Gunung Merapi yang berdiri dengan gagahnya.
Masih dalam satu kawasan dengan Taman Wisata Plawangan Turgo, terdapat Goa Jepang yang menjadi tempat tinggal dan perlindungan tentara Jepang dari tentara sekutu. Penjaga Goa Jepang memberikan informasi bahwa, pengunjung yang ingin masuk kedalam Goa Jepang sangat terbatas. Goa Jepang hanya boleh dikunjungi oleh pengunjung hingga pukul 14.00 WIB saja.

Taman Wisata Plawangan Turgo
Taman Wisata Plawangan Turgo

Taman wisata yang berjarak 28 kilometer dari pusat kota Jogja ini bisa dinikmati hanya dengan membayar tiket masuk sebesar 8.500 rupiah perorang. Harga tiket ini sudah termasuk asuransi bagi pengunjung jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan ketika pengunjung berwisata. Taman Wisata Plawangan Turgo buka dari pagi hingga sore, tepatnya pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Akses menuju lokasi Taman Wisata Plawangan Turgo juga sangat mudah, karena jalan menuju lokasi sudah beraspal dan mulus. Pengunjung bisa menggunakan motor, mobil, ataupun bis pariwisata. Jadi, selamat liburan

Penulis : Dian Ayu SP
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : ini tempat wisata

Supra Yoga Pratama

leave a comment

Create Account



Log In Your Account