Tebing Breksi Jogja, bukit batu kapur yang terbentuk dari jutaan tahun lalu pada jaman purba, berubah menjadi lokasi wisata alam yang artistic. Menurut penelitian, Tebing Kapur Breksi muncul akibat endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran di Gunung Kidul. Tebing Breksi Jogja Dahulunya pernah dimanfaatkan sebagai lokasi tambang oleh warga sekitar, dan akhirnya ditinggalkan begitu saja. Hingga pada suatu saat, karena banyak orang yang berkunjung ke lokasi bekas tambang dan berfoto-foto, akhirnya dari pemerintah setempat berinisiatif untuk menjadikan lokasi bekas tambang tersebut menjadi objek wisata yang diresmikan pada tanggal 30 Mei 2015. Nama Breksi sendiri datang dari warga setempat yang menamai bukit kapur tersebut karena kemiripannya dengan tebing yang ada di Bali dan Bandung.
Lokasi Tebing Breksi Jogja berada satu jalur dengan Candi Ijo, yaitu di Dusun Groyokan Desa Sambirejo Prambanan Sleman Yogyakarta. Rute yang bisa Anda ambil adalah melalui Candi Prambanan yang berjarak tujuh kilometer hingga sampai di lokasi Tebing Breksi. Saat Anda menuju lokasi sebelumnya akan menjumpai Pasar Prambanan, Anda bisa ambil jalur kanan menuju Piyungan. Kurang lebih tiga kilometer lagi Anda akan sampai di lokasi Tebing Breksi. Tips untuk Anda jika ingin berkunjung ke Tebing Breksi Jogja adalah pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik, karena kondisi jalur yang menanjak dan tidak mulus.

Tebing Breksi Jogja, Lokasi Bekas Tambang yang Artistik
Tebing Breksi Jogja, Lokasi Bekas Tambang yang Artistik

Daya tarik yang disuguhkan di Tebing Breksi adalah panorama dinding tebing yang menjulang tinggi. Dipenuhi dengan pahatan-pahatan bekas tambang yang berbentuk rata ataupun berbentuk seperti kue lapis. Di dinding sebelah utara Tebing Breksi Jogja, terdapat ukiran relief yang berbentuk salah satu tokoh perwayangan yaitu tokoh Pandawa, Arjuna. Disebalah barat telah dipahat sebuah tangga yang dipahat langsug dari batu tebing. Tebing Breksi saat ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga nanti And ajika berkunjung akan menjumpai para pekerja yang sedang melakukan pekerjaan mereka. Namun Anda masih diperbolehkan untuk berkunjung.

Baca Juga : Wisata Danau Biru Sleman
Baca Juga : Wisata Alam Kaliadem dan Laa Tour

Selain pemandangan tebing, dilokasi yang Tebing Breksi Jogja terdapat juga Tlatar Seneng yang merupakan area luas dilengkapi dengan tempat duduk melingkar dan terdapat panggung bulat yang berdiameter sekitar 15 meter. Bentuk dari Tlatar Seneng mirip dengan Coloseum di Roma Italia. Tlatar Seneng difungsikan sebagai tempat pertunjukan seni dan budaya.
Karena tempatnya yang artistic, Tebing Breksi Jogja banyak dimanfaatkan sebagai lokasi foto oleh mereka fotografer amatir ataupun professional. Saran bagi Anda yang ingin berkunjung jangan lupa untuk membawa topi ataupun paying, karena lokasi Tebing Breksi yang sangat panas terik disiang hari dan berangin.
Tidak ada tarif khusus untuk bisa masuk dan menikmati pesona keindahan yang unik dari Tebing Breksi. Namun Anda hanya perlu membayar parker 2000 rupiah untuk motor, 5000 rupiah untuk mobil, dan 10.000 rupiah untuk bus wisata. Selamat berwisata ke Tebing Breksi Jogja.

Penulis : Dian Ayu SP
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : piknikasik

Supra Yoga Pratama

comments
  • kemarin menyempatkan diri ke Tebing Breksi , cukup menarik…. semoga akan fasilitas yang ada terawat dan menjadikan wisata semakin diminati oleh wisatawan

  • leave a comment

    Create Account



    Log In Your Account