Klinik Kopi: Kopi Tidak Selalu Pahit

tempat-ngopi-di-jogja

Tempat Ngopi di Jogja – Klinik Kopi merupakan kedai kopi yang makin tambah terkenal dengan kemunculannya di film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2. Klinik Kopi ini berlokasi di jalan Kaliurang km 7,8, Gang Bima, Nganglik, Sleman. Kedai ini didirikan pada tahun 2013 oleh Firmansyah atau biasa dipanggil Pepeng. Pepeng membuka Klinik Kopi ini dengan tujuan agar setiap pelanggannya juga mendapatkan pengetahuan tentang kopi. Sejak tahun 2009, Pepeng sudah mempelajari segala hal tentang kopi dan belajar bagaimana meracik dan memproduksi kopi. Ia juga memburu kopi dari banyak tempat di Indonesia. Ketika datang ke Klinik Kopi ini, pasti akan langsung bertemu dengan Pepeng, di kartu namanya bukan tertulis sebagai barista, tetapi sebagai storyteller. Ia akan menceritakan soal jenis-jenis kopi yang disajikan sesuai dengan selera pelanggan. Untuk itulah ketika mengunjungi Klinik Kopi ini tidak ditunjukkan daftar menu seperti biasanya, melainkan akan langsung ditanya “Silahkan, suka kopi yang seperti apa?”.

Baca Juga : Kulineran Bakso Samsons Jogja
Baca Juga : Kerajinan Bambu Khas Desa Brajan

Tempat ini merupakan slah satu Tempat Ngopi di Jogja yang banyak di gemari. Meskipun untuk menemukan Kuliner Klinik Kopi ini memang sedikit sulit, walaupun lokasinya yang tidak terlalu mblusuk dan dekat dengan jalan utama, tetapi tidak ada papan nama yang jelas untuk menunjukkan keberadaannya. Tempat Ngopi di Jogja yang satu ini mempunyai pagar bambu yang menjadi pintu masuknya, kemudian ada jalan berbatu setapak dengan kebun sayuran mini di halaman depan. Saat masuk akan langsung disambut dengan ruangan yang bergaya sederhana tetapi terlihat menarik dengan berbagai alat pemroses kopi di dalamnya. Di Tempat Ngopi di Jogja ini tidak ada meja dan kursi, melainkan area lesehan yang luas. Dinamakan “Klinik” karena memang saat masuk dan diberi penjelasan mengenai kopi oleh brewer, pelanggan lain harus mengantre hingga namanya dipanggil karena hanya beberapa orang saja yang masuk ke ruangan brewer. Hingga pelanggan yang datang ke Klinik Kopi ini pun sering dipanggil “pasien”.

Klinik Kopi tempat ngopi di jogja

Klinik Kopi tempat ngopi di jogja

Saat kopi disajikan kepada pelanggan, jangan heran jika tidak disediakan gula seperti sajian kopi biasanya. Sesuai dengan tagline dari Klinik Kopi ini “Jangan ada gula di antara kita”,Tempat Ngopi di Jogja satu ini memang menyajikan kopi tanpa gula. Tetapi untuk para pemula atau yang tidak terlalu suka kopi pahit, tidak semua kopi yang dijual di Klinik Kopi ini pahit rasanya. Setelah kemunculannya di film AADC 2, yang sebelumnya Pepeng dalam seharinya menyajikan 70 hingga 100 kopi, saat ini setidaknya ia harus meracik hingga 200 cup kopi.
Untuk harga dari kopi di Klinik Kopi ini, hanya mengeluarkan Rp. 15.000 sudah mendapatkan secangkir kopi yang nikmat juga dengan pengetahuan tentang kopi yang melimpah. Klinik Kopi ini buka mulai pukul 4 sore hingga pukul 10 malam. Tidak harus jadi pecinta kopi untuk datang dan menikmati kopi di Klinik Kopi ini, jadi jangan takut untuk mencoba datang dan mencicipi serta mendapatkan pengetahuan dari Pepeng. Jadi buruan mampir ke Tempat Ngopi di Jogja satu ini ya. di JAMIN NAGIH DAB.

Penulis : Anggita F
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : image google

Yuk bagikan