Tips Menyimpan Cabai Agar Segar dan Tahan Lama

Tips Menyimpan Cabai

Tips Menyimpan Cabai – Dengan mayoritas masyarakat Indonesia adalah pecinta masakan pedas, maka cabai salah satu bumbu masakan yang penggunaannya tidak bisa ditinggalkan. Dan saat ini penggunakan cabai semakain meningkat terlebih lagi jika masuk musim penghujan. Dengan harga cabai yang selalu berubah ubah dimana sering kali harga cabai sangat mahal dan langka, biasanya banyak ibu rumah tangga membeli cabai dalam jumlah yang cukup besar sebagai persediaan di dapurnya.

Baca Juga : Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan
Baca Juga : Wisata Alam Kaliadem

Oleh karena itu sering kali Ibu Rumah tangga mengalami masalah yaitu cabai yang dibeli mudah busuk, bahkan tidak terpakai lagi, tentunya sangat disayangkan sekali bukan. Seharusnya cabai bisa bertahan selama berminggu-minggu atau bahkan beberapa bulan. Tapi kebanyakan cabai yang dibeli hanya mampu bertahan selama beberapa hari saja. Hal ini disebabkan tidak mengerti tips menyimpan cabai yang baik dan benar. Untuk saat ini anda jangan merasa khawatir lagi dengan hal tersebut berikut kami akan memberikan tips tips menyimpan cabai agar cabai yang anda beli tetap tahan lama dan tidak mudah busuk. Nah berikut tips untuk anda tentang bagaimana tips  menyimpan cabai dengan baik dan benar seperti di bawah ini.

.

Tips Menyimpan Cabai

Tips Menyimpan Cabai

1. Pilihlah cabai yang segar
Tips menyimpan cabai yang pertama, saat anda membeli cabai, pilihlah cabai yang segar. Pilihlah cabai yang saat ditekan keras dan tangkai cabai masih melekat erat. Selain itu jangan memilih cabai dalam keadaan basah agar tidak mudah busuk, apalagi jika anda membeli cabai dalam jumlah banyak untuk persedian beberapa hari cabai tersebut tidak terpakai lagi.
2. Simpan ditempat yang kering
Simpanlah cabai di tempat yang kering. Biasanya saat membeli cabai akan dibungkus dengan plastik, nah bukalah plastik tersebut dan letakkan cabai di wadah tersendiri.
3. Cuci cabai saat akan memasak
Jangan cuci cabai yang akan disimpan, cucilah cabai saat akan dimasak saja agar cabai tersebut tidak mudah busuk dan tetap segar. Jika memang ingin mencuci karena cabai kotor, setelah mencuci cabai harus dikeringkan dulu, angin anginkan cabai tersebut sampai kering.
4. Simpalah dalam lemari pendingin atau kulkas
Setelah itu anda bisa menyimpannya di dalam kulkas, tetapi cabai tersebut jangan sampai dalam keadaan basah.
5. Simpan ditempat yang terkena angin
Selain menyiimpan cabai dikulkas, anda juga bisa menyipan di wadah yang memiliki lubang agar cabai tersebut tidak lembab. Kemudian simpan ditempat yang terkena angin.
6. Jangan memotong tangkai cabai
Tips menyimpan cabai selanjutnya pada saat kita akan menyimpan cabai, jangan potong tangkai cabai. Karena cabai yang tangkainya dipotong akan lebih mudah busuk dari pada yang tangkainya masih utuh.

Nah itulah beberapa langkah tips menyimpan cabai agar persediaan cabai anda bisa awet dan semoga bisa bermanfaat.

Penulis : Fahni Nesa Khulqi
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : prokal

Yuk bagikan