Tongseng Kopyok adalah makanan khas Sleman yang penyajian dagingnya ditusuk seperti sate, untuk itu dapat disebut juga dengan nama sate kopyok. Jika ingin memesan tongseng kopyok ini, ada beberapa macam pilihan daging, diantaranya daging kelinci, ayam dan kambing. Wisata kuliner Tongseng ini disajikan dengan aneka bumbu dan kuahnya dicampur dengan telur, untuk itu dinamai kopyok (telur yang dikocok). Rasanya pedas karena kuahnya, cabe dan lada putih, tetapi walaupun pedas, tetap membuat kita ketagihan. Selain rasanya yang membuat ketagihan, dagingnya pun empuk dan meresap bumbunya.
Wisata kuliner tongseng kopyok ini awalnya dipromosikan oleh suatu warung yang bernama warung Mbah Ganis. Warung Mbah Ganis ini berada di kawasan wisata Air Terjun Telogo Putri, Kaliurang. Diarea ini memang banyak sekali tempat wisata baikitu kuliner ataupun wisat alamnya. Selain menyediakan tongseng kopyok, banyak menu yang disediakan seperti nasi kleyer. Menu-menu yang ada di warung Mbah Ganis ini merupakan hasil karya racikannya sendiri. Warung Mbah Ganis ini buka mulai pukul 07.00 pagi dan tutup pukul 05.00 subuh.

tongseng kopyok
tongseng kopyok

Di warung Mbah Ganis ini, tidak hanya rasanya saja yang memuaskan, penyajian dari kuliner satu ini juga patut diacungi jempol. Tongseng ini disajikan lengkap dengan kol, timun dan tomat, diatas piring layaknya hidangan di hotel berbintang. Penyajian kuliner khas sleman ini seperti sate dengan bumbu kuah gule yang cerah. Selain kepuasan penyajian dan rasa dari tongseng kopyok ini, pembeli juga dapat langsung melihat proses pembuatan tongseng langsung dari dapur. Mbah Ganis sendiri lebih memilih turun langsung dalam pembuatan tongseng ini, karena tongseng ini memiliki takaran khusus yang tak tergantikan. Untuk itu, rasanya sayang sekali jika berkunjung ke Kaliurang tanpa mencicipi Tongseng Kopyok di Warung Mbah Ganis ini. Kelezatan dan harganya yang murah, pasti akan membuat kalian rindu dan ingin sering bermain ke wisata Kaliurang. Nikmati juga sensai wisata lainnya di sekitar Kaliurang anda juga bisa melihat pemandangan gunung Merapi dari sini. Pastikan jika anda berkunjung kesini anda memesan dan mencoba wisata Tongseng Kopyok.

Penulis: Anggita
Editor: Supra Yoga Pratama
Foto:

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account