Warung Kopi Klotok Jalan Kaliurang Jogja

Warung Kopi Klotok merupakan salah satu warung kopi yang paling terkenal oleh para pecinta kuliner. Warung Kopi Klotok ini berlokasi di jalan Kaliurang km 16, tepatnya di Pakem Binangun, Pake, Kabupaten Sleman. Jika datang dari arah kota Jogja, cukup lewati sepanjang jalan Kalirang hingga melihat tulisan “Kopi Klotok” di sebelah kanan sebelum SMP 4 Pakem. Warung ini lokasinya dekat dengan area persawawahan dengan bangunan utamanya berbentuk joglo limasan kuno yang menghadap ke arah utara. Sehingga kita bisa menikmati menu yang ada di warung Kopi Klotok ini dengan menikmati suasana pedesaan dan persawahan. Tempat yang disajikan oleh warung ini dibagi menjadi 3 area, ada area semi terbuka, tengah dan belakang. Area semi terbuka berada di paling depan dan yang paling laris karena suasananya yang sejuk dan pemandangan yang adem. Bagian tengah lebih banyak meja dan kursinya, untuk kasir dan bagian pemesanan ada di daerah ini, ada berbagai macam ornamen klasik sebagai penghias dari ruangan ini. Yang terakhir adalah bagian belakang yang dekat dengan dapur, bagian ini juga menjadi bagian yang laris karena pelanggan dapat menunggu pesanan sembari melihat para karyawan memasak pesanan mereka.

Baca Juga : Wisata Kuliner Bakso Samson Jogja
Baca Juga :  Wisata Kuliner Sate Kelinci Khas Jogja

Menu andalan yang ada di tempat wisata kuliner warung Kopi Klotok ini tentunya adalah Kopi Klotoknya. Kopi Klotok ini merupakan kopi dengan penyajian yang unik tapi juga sederhana, yaitu dengan cara kopi bubuk dimasak dalam panci panas tanpa air. Kemudian setelah aromanya keluar barulah disiram air hingga mendidih. Dari proses inilah sebutan “klotok” muncul. Klotok merupakan kata dari bahasa Jawa yang berarti “nglotok” atau mengelupas. Proses mengelupasnya kopi ini yaitu saat air disiramkan ke panci yang ada kopi tanpa dimasak air tersebut. Rasa dari kopi klotok ini pahitnya sangat pas dan berbeda dengan kopi uyang lain. Sembari menikmati kopi klotok juga dapat ditemani dengan pisang goreng yang juga sangat laris dipesan di warung ini.

Warung Kopi Klotok

Warung Kopi Klotok

Selain menyediakan kopi dan pisang goreng, warung Kopi Klotok ini juga menyediakan beberapa menu yang beragam. Diantaranya ada lodeh tempe lombok ijo, lodeh kulweh, lodeh terong, sayur asem yang disajikan secara prasmanan dan pengunjung bisa mengambil sepuasnya. Di warung Kopi Klotok ini juga terdapat paket makan nasi sepuasnya dengan hanya membayar Rp. 11.500. Untuk harga minuman di warung ini berkisar antara Rp. 1000 hingga Ro. 6500. Kopi klotoknya pun hanya diberi harga Rp. 5000. Suasananya yang adem, makanan dan minumannya yang murah meriah dan rasanya juga nikmat, serta tempatnya yang luas dapat dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga atau teman-teman. Kapan lagi mendapatkan kepuasan dengan perut keyang di tempat yang sejuk sambil bercengkrama dengan orang-orang tercinta selain di warung Kopi Klotok ini?

Penulis : Anggita F Cinca
Editor : Supra Yoga Pratama & Crew
Image : Nasirullah Sitam

Yuk bagikan