Toxoplasmasis pada wanita adalah penyakit atau infeksi yang disebabkan oleh protozoa Toxoplasmasis gondii, yang ditularkan oleh kucing kepada manusia, bersifat oportunistik dan menimbulkan bahaya khususnya bagi wanita hamil. Toksoplasmosis dikategorikan sebagai penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia.
Toxoplasmasis pada wanita sendiri secara Epidemiologi Indonesia di laporkan oleh Gandahusada (1995) bahwa angka prevalensi dari toksoplasmosis pada manusia berkisar antara 2-63%, kucing 35-73%, anjing 75%, babi 11-36%, kambing 11-61%, sedangkan sapi ataukerbau kurang dari 10%. (Drs H aksin Z Msi)
Toxoplasmasis pada wanita atau Toxoplasmasis dikenal oleh masyarakat sebagai penyakit tokso atau toksoplasma yang dapat menyebabkan kemdulan,cacat,bahkan kematian janin. Banyak orang menderita toksoplasma tetapi kebanyakan penderita tidak menunjukkan adanya gejala klinis, karena adanya sistem kekebalan tubuh yang mempertahankan diri dari parasit tersebut.
Toxoplasmasis pada wanita dapat menjadi masalah yang besar bila terjadi pada bayi yang baru lahir dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang melemah. Selama ini kita selalu beranggapan bahwa penyebab toksoplasma adalah berasal dari hewan peliharaan seperti kucing, anjing dan unggas. Bulu dan kotoran dari hewan dianggap sebagai biang penyebab munculnya toksoplasma dalam tubuh. Padahal selain hewan-hewan tersebut masih banyak faktor yang harus diwaspadai, seperti kebersihan, pola makan dan gaya hidup yang tidak terjaga. Pengetahuan mengenai toksoplasma penting diberikan sebagai bagian dari konseling pranikah bagi para pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.

Toxoplasmasis pada wanita
Toxoplasmasis pada wanita

Di Indonesia, toksoplasmosis digolongkan sebagai salah satu jenis penyakit tular vektor dan binatang pembawa penyakit. Sesuai dengan Pasal 11 Peraturan Menteri Kesehatan No. 82 tahun 2014, untuk mencegah penularan toksoplasmosis ke janin, biasanya para dokter di Indonesia menganjurkan pemeriksaan bagi pria dan wanita yang sering berinteraksi dengan hewan peliharaan dan ingin memiliki anak. .Ada baiknya mulai dari saat ini kita menjaga kesehatan kita, menjaga pola makan kita, menjaga lingkungan kita agar tidak mudah menjadi sarang virus dan penyakit, khususnya bagi wanita agar terhindar dari Toxoplasmasis pada wanita.

Penulis : Misfah Fitria Astanti
Editor : Supra Yoga Pratama
Foto : i.ytimg

Supra Yoga Pratama

leave a comment

Create Account



Log In Your Account