Wisata Alam Kaliadem – Wisata alam di sleman memang tak ada habisnya. Banyak lokasi-lokasi yang siap untuk memanjakan wisatawan pencita alam. Mulai dari wisata sungai, hutan, hingga gunung. Gunung Merapi yang terletak disebelah utara Sleman banyak menawarkan paket wisata. Daerah yang bisa dikunjungi wisatawan untuk bisa menikmati kemegahan Gunung Merapi adalah di kawasan wisata Alam Kaliadem. Terletak di Desa Kepuhharjo Cangkringan Sleman Yogyakarta. Berada di ketinggian 2.965 meter diatas permukaan laut, daerah ini menawarkan udara yang segar cocok untuk Anda yang berwisata untuk menyegarkan pikiran. Selain udara yang segar, di tempat Wisata Alam Kaliadem Anda juga bisa menikmati kemegahan Gunung Merapi yang gagah berdiri dan sedang mengeluarkan asap kawah.

Baca Juga : Wisata Alam Blue Lagoon
Baca Juga : Wisata Kuliner Siomay Kang Cepot

Wisata Alam Kaliadem dulunya adalah kawasan hutan konservatif yang berisi flora dan fauna yang tinggal didalamnya untuk menjaga vegetasinya agar tidak mengalami kepunahan. Setelah peristiwa letusan Gunung Merapi ditahun 2006 yang sangat dahsyat, telah merubah kawasan Kaliadem yang dulunya merupakan hutan yang dipebuhi dengan pohon-pohon hijau, berubah menjadi hamparan padang pasir dan bebatuan hasil muntahan dari Gunung Merapi.
Walaupun peristiwa sepuluh tahun silam meninggalkan luka dan kesedihan yang mendalam bagi warga, dibalik itu semua terciptalah ide untuk membuat paket wisata menelusuri dahsyatnya letusan Gunung Merapi. Paket wisata Lava Tour, dapat Anda pilih jika ingin mengetahui lebih dalam bagaimana dahsyatnya peristiwa meletusnya Gunung Merapi yang telah menewaskan juru kunci Gunung Merapai, Mbah Marijan. Paket yang ditawarkan adalah tour dimulai dari kawasan Kaliurang, kemudian wisatawan akan dibawa menuju desa-desa yang terkena terjangan letusan Gunung Merapi dengan mengendarai Jeep. Disepanjang jalan menuju Kaliadem, wisatawan bisa melihat puing-puing rumah milik warga yang terkena letusan Gunug Merapi.

wisata alam kaliadem
wisata alam kaliadem

Sesampainya di kawasan Wisata Alam Kaliadem, wisatawan bisa melihat puncak Gunung Merapi yang sedang mengeluarkan asap dengan jarak pandang 2 km. selain itu, juga terdapat sebuah bunker yang merupakan tempat berlindungnya penjaga Gunung Merapi saat terjadinya letusan gunung tahun 2006 dan kemudian meninggal. Bunker yang dalamnya sekitar 2 meter dahulu digunakan untuk berlindung, dan saat terjadi letusan bunker tersebut juga tertimbun oleh material gunung. Namun sekarang sisa-sisa material yang menutupi bunker telah dibersihkan agar pengunjung bisa masuk dan melihat kondisi bunker seperti apa. Di dinding pintu bunker terdapat sebuah prasasti yang menceritakan sejarah bunker. Disekitar bunker, terdapat kios-kios yang menjual cideramata oleh-oleh dan makanan yang bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan dari Kaliadem.
Untuk bisa sampai ke kawasan Kaliadem, Anda hanya perlu menuju ke Jalan Kaliurang menuju ke utara hingga sampai di kawasan wisata Kaliurang. Disana terdapat pos pelayanna yang bisa membantu Anda untuk bisa menuju kawasan wisata alam Kaliadem. Wisatawan bisa menikmati paket wisata dengan harga sekitar 350.000 rupiah untuk wisatawan domestic, dan 450.000 rupiah untuk wisatawan mancanegara. Harga berbeda sesuai dengan paket tour yang dipilih. Wisata alam Kaliadem bisa dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Penulis : Dian Ayu SP
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : slemankab & blog

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account