Wisata Alam Kalikuning – Satu lagi wisata alam dibawah lereng Gunung Merapi, Kalikuning. Tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam khas pegunungan juga udara yang segar cocok bagi Anda yang menyukai wisata di alam terbuka. Kalikuning yang terletak di bagian selatan lereng Gunung Merapai tepatnya di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Yogyakarta. Pemandangan pohon-pohon, sungai dan tebing andesit juga bisa Anda nikmati di Kalikuning.
Asal mula terjadinya (Wisata Alam Kalikuning) lokasi kali kuning karena adanya patahan lempeng bumi dikarenakan gempa vulkanik akibat erupsi Gunung Merapi. Aliran sungai yang ada di Kali kuning berasal dari sumber mata air Umbul Wadon. Lokasi wisata alam Kalikuning biasa digunakan sebagai lokasi perkemahan. Lokasi yang sangat cocok bagi Anda untuk menyegarkan pikiran setelah seminggu lamanya bekerja.

Baca Juga : Wisata Kuliner GOAT Sleman
Baca Juga : Wisata Alam Kaliadem

Saat terjadi erupsi Gunung Merapi tahun lalu, Wisata Alam Kalikuning juga tak luput dari terjangan erupsi. Pohon-pohon pinus yang tadinya hijau tinggi menjulang, terkubur lahar. Kali atau sungainya juga tak luput dari terjangan erupsi. Namun setelah beberapa tahun, Kalikuning sudah kembali bangkit. Pohon-pohon yang dulu terkubur lahar, sudah kembali tumbuh. Kali atau sungai juga sudah mengaliri air untuk kehidupan warga.

Wisata Alam Kalikuning Jogja
Wisata Alam Kalikuning Jogja

Bagi Anda yang tidak ingin berkemah di alam terbuka, disekitaran lokasi Wisata Alam Kalikuning juga tersedia penginapan. Anda bisa bermalam di penginapan tersebut dengan harga yang terjangkau. Jika Anda ingin berkunjung ke Kalikuning rute yang harus Anda ambil adalah dari pusat kota Jogja, Anda bisa Lewat di Jalan Kaliurang menuju Pakem. Belok kanan atau menuju ke Timur ke arah Kali Kuning. Setelah turun dari kendaraan di pinggir jalan desa akan menuruni anak tangga menuju Kalikuning.
Fasilitas yang bisa Anda nikmati di Wisata Alam Kalikuning adalah pusat informasi, warung yang menjual jajanan dan minuman, penginapan dengan harga sewa yang terjangkau, toilet, serta parker kendaraan yang luas. Tak ada salahnya bagi Anda untuk mengajak keluarga atau sahabat untuk menikmati keindahan serta kesegaran udara di Kalikuning. Selamat berlibur dan jangan lupa ya mampir ke Wisata Alam Kalikuning Sleman

Penulis : Dian Ayu SP
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : Training77

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account