Wisata budaya Keraton Yogyakarta atau yang biasa disebut Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang wajib di kunjungi. Lokasi Wisata budaya Keraton Yogyakarta kurang lebih berjarak 50 meter dari jalan Malioboro. Letak Keraton Yogyakrata yang berada di pusat kota Yogyakarta menjadikan akses menuju keraton sangatlah mudah, bisa dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Bangunan keraton membentang dari utara keselatan dengan halaman belakang yaitu alun-alun selatan, dan dihalaman depan merupakan alun-alun utara. Dimalam hari banyak wisatawan yang mengunjungi alun-alun untuk menikmati malamnya kota Yogyakarta.
Wisata budaya Keraton Yogyakarta menjadi pusat garis imajiner yang menghubungkan Pantai Parangtritis dan Gunung Merapi ini menawarkan bermacam fasilitas wisata budaya. Fasilitas yang ditawarkan oleh salah satu tempat wisata budaya di Jogja ini adalah pengunjung bisa menikmati pagelaran seni di keraton yang ada setiap harinya. Misalnya saja pada hari Senin dan Selasa keraton akan mengadakan pertunjukan music gamelan yang dimulai pukul 10.00 WIB. Di hari minggunya pertunjukan yang ditawarkan adalah Wayang Orang dan Pertunjukan Tari dimulai pukul 09.30 WIB. Untuk biaya pengunjung hanya membayar Rp 3000,00 untuk tiket masuk , dengan tiga ribu rupiah pengunjung sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada di tempat Wisata budaya Keraton Yogyakarta .

wisata budaya keraton yogyakarta
wisata budaya keraton yogyakarta

Selain menikmati pertunjukan kesenian, pengunjung juga bisa masuk ke museum. Wisata budaya Keraton Yogyakarta merupakan pusat dari museum hidup kebudayaan jawa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum yang dimiliki Keraton Yogyakarta yaitu Museum Lukisan, Museum Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Museum Kereta, Dan Museum Batik. Museum Lukisan berada di dalam kompleks keraton yang terdiri atas 2 bangunan. Bangunan pertama dipamerkan lukisan silsilah keluarga keraton yang dimulai dari Hamengkubuwana I. Bangunan ke dua berisi koleksi Adiluhung yaitu merupakan lukisan potret Sultan Hamengkubowono VII yang dilukis oleh Raden Saleh pada tahun 1868. Museum Batik merupakan museum yang berisikan koleksi kain batik, patung, lukisan topeng batik, foto-foto, bahan pewarna, dan peralatan untuk membatik. Koleksi batik yang dipamerkan merupakan hibah dari Sri Sultan Hamengkubuwana VII dan IX serta hibah dari pengusaha batik yang ada di Yogyakarta. Tak salah jika Wisata budaya Keraton Yogyakarta menjadi salah satu tujuan wisata budaya di Jogja, karena berbagai macam fasilitas yang ditawarkan bagi pengunjung.

Penulis: Dian Ayu SP
Editor: Supra Yoga Pratama

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account