Wisata Budaya Merti Dusun merupakan acara adat budaya untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan. Tak beda dengan yang dilakukan oleh warga desa Margoagung Sayegdan Sleman Yogyakarta, warga desa rutin menyelenggarakan merti dusun saat setelah panen raya tiba. Merti Dusun yang berlangsung di Desa Margoagung dinamai dengan Merti Dusun Mbah Bergas. Berawal tentang penyebaran agama islam yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga dan pengikut setianya yaitu Mbah Bergas di Desa Margoagung.

Baca Juga : Upacara adat Bathok Bolu Alas Ketonggo

Diceritakan bahwa dulu Mbah Bergas sering melakukan Merti Dusun setelah panen raya sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan.
Rangkaian dari acara adat Wisata Budaya Merti Dusun Mbah Bergas adalah diawali dengan pementasan kuda lumping disiangharinya. Pada malam hari warga melakukan ziarah di makam, dan melakukan tahlilan serta tirakatan, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan gunungan Wulu Wetu. Saat tengah malam dilakukan prosesi pengambilan air suci di Sendang Planangan. Kemudian air suci tersebut diboyong di balai desa untuk disimpan.

Baca Juga : Upacara adat Bathok Bolu Alas Ketonggo

Puncak acara Wisata Budaya Merti Dusun, diawali dengan pementasan tari tradisional yaitu tari candik Ayu,Tari Kalongking, Tari Incling Jangget, Tari Cahya Nirakila. Setelah acara tari-tarian selesai dilanjutkan dengan mengarak gunungan yang dikawal oleh berga atau pengawal prajurit. Gunungan yang diarak berisi hasil bumi dan makanan khas daerah. Selain gunungan, air suci yang sebelumnya sudah diambil dari Sendang Planangan dan disimpan di balai desa ikut di arak sejauh 2 km menuju makam Mbah Bergas di Ngino. Sampainya gunungan dan air sucu di lokasi tujuan, prosesi selanjutnya adalah mendoakan gunugan-gungungan. Selesai diberi doa-doa warga sekitar yang sudah menunggu acara puncak ini langsung menyerbu gunungan yang berisi hasil bumi. Warga desa masih percaya jika berhasil mendapatkan hasil bumi yang sudah diberi doa akan mendapatkan berkah dan rejeki.

Wisata Budaya Merti Dusun
Wisata Budaya Merti Dusun

Saat Anda berkesempatan untuk menyaksikan rangkaian acara Wisata Budaya Merti Dusun, jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen yang disajikan dalam upacara adat ini. Karena acara ini akan menampilkan sesuatu yang belum kita lihat sebelumnya. Melestarikan budaya yang sudah ada dengan cara mengshare atau tetap menjaga tradisi yang sudah turun temurun merupakan salah satu tugas kita sebagai generasi penerusnya. Jadi ayo kita sam sama Wisata Budaya Merti Dusun ini.

Penulis : Dian Ayu SP
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : Mbah Bergas

Supra Yoga Pratama

leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create Account



Log In Your Account