Wisata Candi Sambisari yang terletak di Desa Sambisari Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Yogyakarta ini memiliki keunikan dari candi lainnya. Candi Sambisari berada sekitar 6.5 m lebih rendah dari wilayah sekitarnya. Dari jauh Candi Sambisari terlihat kecil, karena posisinya yang lebih rendah. Dibangun pada tahun 812 hingga 838 Masehi, Candi Sambisari berada kurang lebih 12 km sebelah timur Kota Yogyakarta arah Kota Solo, atau 4 km sebelum Komplek Candi Prambanan. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Rakai Garung pada zaman kerajaan Mataram Kuno. Komplek Wisata Candi Sambisari terdiri atas 1 buah candi induk, 3 buah candi pendamping atau perwara, dan 2 buah pagar yang mengelilingi komplek Candi Sambisari. 1 buah pagar sudah dipugar sempurna dan 1 buah lagi hanya ditampakkan sedikit disebelah timur candi. Terdapat pula 8 Lingga(arca atau patung yang digunakan umat Hindu untuk sembahyang).

Baca Juga: Wisata Budaya Tari Badui Sleman

Ketika Anda memasuki candi induk di komplek Wisata Candi Sambisari, Anda akan mendapati bagian dalam candi yang tidak memiliki alas, kaki-kaki candi berfungsi sebagai alas sehingga sejajar dengan tanah. Dibagian dalam juga banyak dijumpai hiasan pada bagian tubuh candi hingga puncak, hiasan yang ada memiliki motif mirip dengan batik. Cobalah untuk melewati anak tangga terakhir pintu masuk candi, anda akan menjumpai selasar dengan lebar 1 meter yang memiliki 3 relung jika Anda mengelilinginya. Setiap relung berisi arca, di utara merupakan arca dari Dewi Durga yang merupakan istri dari Dewa Siwa. Di timur berisi arca Ganesha yang merupakan anak dari Dewi Durga. Di bagian selatan berisi arca Agastya yang memakai aksamala atau tasbih yang melingkar di lehernya.

Wisata Candi Sambisari
Wisata Candi Sambisari

Dibilik utama terdapat Lingga dan Yoni berukuran 1.5 meter, yang digunakan untuk membuat air suci. Air suci ini digunakan oleh umat hindu untuk pemujaan Dewa Siwa. Keluar dari candi induk menuju barat, Anda akan mendapati candi Perwara atau candi pendamping yang menghadap berlawanna arah. Bagian dalam candi perwara, terdapat lapik bujur sangkar berhias naga dan padmasana(bunga teratai) berbentuk bulat cembung di atasnya. Lapik bujur sangkar digunakan untuk tempat sesajen atau arca Wisata Candi Sambisari.
Selain bisa menikmati kemegahan dan keindahan candi, Anda juga bisa melihat foto-foto yang merekam proses peggalian dan rekonstruksi Candi Sambisari. Dengan uang sebesar 3000 rupiah Anda sudah bisa menikmati keindahan dan kemegahan dari Candi Sambisari ini. Jika Anda penasaran bagaimana rupa dari Candi Sambisari, Anda bisa datang ke Desa Sambisari Purwomrtani Kalasan Sleman Yogyakarta, dengan mengendarai mobil atau motor. Sangat murah dengan harga 3000 anda sudah bisa menikmati bangunan bersejarah Wisata Candi Sambisari.

Penulis : Dian Ayu SP
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : Koei Hwe Ie

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create Account



Log In Your Account