Wisata Embung Tambakboyo – Satu lagi tempat wisata alam yang ada di Jogja khsusnya di Kabupaten Sleman. Wisata alam yang bertemakan air sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, juga bisa dinikmati saat pagi atau pun sore hari. Wisata Embung Tambakboyo yang terletak di Condongcatur Sleman Jogjakarta memiliki luas 7.8 hektar dan volume air yang bisa ditampung sebesar 400.000 m3. Wisata Embung Tambakboyo sebenarnya berada di 3 desa, selain di Condongcatur, juga masuk dalam kawasan desa Maguwo, dan Desa Wedomartani. Pembangunan Embung Tambakboyo dimulai dari tahun 2003 yang memakan waktu pembangunna selama 5 tahun dan selesai pada tahun 2008.

Baca Juga : Wisata Alam Bluelagoon Jogja
Baca Juga :  Wisata Kuliner Spesial Ketan Legenda

Air Wisata Embung Tambakboyo berasal dari aliran sungai Tambak Bayan dan Sungai Buntung. Fungsi utama dari Embung Tambakboyo adalah sebagai cadangan dan resapan air tanah warga Bantul, Sleman, dan Yogyakarta. Sebagai pengairan atau irigasi pertanian warga, juga sebagai cadangan air PDAM dimasa mendatang.

Wisata Embung Tambakboyo, Tempat Joging & Mancing
Wisata Embung Tambakboyo, Tempat Joging & Mancing

Bagaimana cara agar bisa sampai di tempat Wisata Embung Tambakboyo? Ada dua akses jalan menuju Embung Tambakboyo. Pertama melalui pasar Condongcatur dan jalur kedua melalui perempatan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Pertama Anda harus menuju ke Ringroad Utara agar bisa sampai di kedua jalur tersebut. Jalur kedua, yaitu melalui perempatan Universitas Pembangunna Nasional “Veteran” Yogyakarta terbilang lebih gampang. Anda hanya tingal jalan menuju utara sekitar kurang lebih 1 kilometer, kemudian memasuki perumahan MBS. Jalan terus keutara hingga ujung jalan ada belokan kea rah kanan, lalu belok ke arah kanan. Kurang lebih 300 meter Anda sudah sampai di pintu masuk Wisata Embung Tambakboyo.
Tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan dan fasilitas yang ada di Embung Tambakboyo tidak ada, namun Anda harus membayar retribusi parkir sebesar 1000 untuk sepeda, 2000 untuk sepeda motor, dan 3000 untuk mobil. Wisata Embung Tambakboyo sangat cocok untuk wisata keluarga, karena disana Anda bisa bersantai sambal piknik, memancing, dan melakukan olahraga sambil berfoto-foto. Jika Anda datang dari luarkota, di sekitar lokasi Embung Tambakboyo terdapat penginapan yang harganya sangat terjangkau. Jadi segera ajak keluarga Anda untuk mengunjungi Embung Tambakboyo. Selamat berwisatam .

Penulis : Dian Ayu SP
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : image google

Supra Yoga Pratama

leave a comment

Create Account



Log In Your Account