Wisata Goa Jepang – Terletak di Dusun Blambangan Desa Jogotirto Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman atau di sisi bukit Plawangan Kaliurang. 15 menit perjalanan dari pintu masuk Nirmolo Kaliurang. Akses jalan menuju tempat wisata goa dari pintu masuk mendaki. Pengunjung melewati jalanan setapak yang naik. Karena posisi Goa Jepang berada di puncak bukit. Terdapat dua puluh lima Goa Jepang di lokasi tersebut dan semuanya saling terhubung satu sama lain. Dari pertigaan jalur antara Bukit Plawangan dan Wisata Goa Jepang pengunjung sudah bisa melihat pemandangan Gunung Merapi secara dekat.

Baca Juga : Wisata Candi Sambisari Sleman 
Baca Juga : Kerajinan Tenun Desa Wisata Gamplong Sleman

Meskipun namanya goa, di dalam tempat Wisata Goa Jepang ini tidak terdapat stalaktit ataupun stalakmit seperti goa alami pada umumnya. Hal ini dikarenakan Goa Jepang merupakan goa buatan pada masa penjajahan Jepang oleh rakyat Indonesia yang di pekerjakan secara romusha oleh penjajah Jepang. Romusha (労務者 rōmusha: “buruh”, “pekerja”) sendiri merupakan panggilan bagi orang-orang Indonesia yang dipekerjakan secara paksa pada masa penjajahan Jepang di Indonesia dari tahun 1942 hingga 1945 “wikipedia’. Kebanyakan romusha adalah petani, dan sejak Oktober 1943 pihak Jepang mewajibkan para petani menjadi romusha. Dahulu Wisata Goa Jepang difungsikan sebagai tempat tinggal dan persembunyian bagi tentara Jepang dari serangan tentara sekutu. Kondisi dari Wisata Goa Jepang saat ini masih terawat dan sangat alami seperti waktu pertama di temukan. Di dalam Goa Jepang tidak disediakan penerangan seperti lampu, tetapi pengunjung masih bisa menikmati kondisi dalam Goa Jepang dengan bantuan pemandu. Pemandu nantinya akan menuntun jalan dan menjelaskan tentang latar belakang Goa Jepang.

wisata goa jepang
wisata goa jepang

Jam operasi dari Wisata Goa Jepang adalah dari jam 08.00 WIB hingga 14.00 WIB. Setiap pengunjung yang ingin masuk harus didampingi oleh pemandu, karena mengingat kondisi Goa Jepang yang gelap tanpa penerangan. Harga tiket masuk ke tempat Wisata Goa Jepang ini sebesar 2.000 rupiah per orang, cukup sangat murah sekali bukan. Berpetualang menjelajah Goa Jepang sangat cocok bagi Anda yang menyukai petualangan menyusur bukit dan goa. Tak ada salahnya juga untuk mengajak keluarga atau sahabat untuk berkunjung menikmati Goa Jepang. Di sekitaran lokasi juga terdapat warung-warung yang menjual makanan ataupun oleh-oleh. Jika Anda kelelahan selepas menjelajah Wisata Goa Jepang, bisa mampir sejenak untuk menikmati hidangan yang ada. Jadi selamat berwisata

Penulis : Dian Ayu SP
Editor : Supra Yoga Pratama
Image : Image Google

Supra Yoga Pratama

leave a comment

Create Account



Log In Your Account