Wisata Kuliner Brongkos merupakan makanan khas jawa yang menyerupai rawon dengan kuah berwarna hitam. Warna hitam brongkos tersebut adalah dari penggunaan kluwak sebagai bumbu utamanya. Sayur brongkos berisi irisan daging sapi dan kacang tolo. Jika berkunjung ke kabupaten Sleman, terutama dekat pasar Tempel dan jembatan krasak, maka akan menemukan warung brongkos yang sudah terkenal selama 60 tahun, yaitu Brongkos Warung Ijo Bu Padmo. Karena warung Brongkos ini sudah berdiri 60 tahun lamanya, pemilik warung ini sudah di generasi kedua, yaitu anak dari bu Padmo. Resepnya pun sudah diturunkan kepada anaknya, sehingga rasa khas Brongkos Warung Ijo Bu Padmo ini tetap sama dari dulu. Dinamakan Warung Ijo karena dari dulu sampai sekarang, tembok warung ini diwarnai dengan warna ijo (hijau).
Wisata Kuliner Brongkos Warung Ijo Bu Padmo ini juga sudah terkenal di kalangan selebritis, bahkan pak Bondan yang terkenal dengan kalimat “Mak nyusss”-nya ini juga sudah pernah berkunjung ke warung ini. Untuk itu, jika berkunjung ke Brongkos Warung Ijo Bu Padmo ini, akan ada tulisan “Brongkos Mak Nyuussss”, karena hingga pak Bondan pun mengakui kelezatan dari brongkos warung Ijo bu Padmo ini. Sajian brongkos dihidangkan seperti biasa, dengan daging dan kuahnya yang berwarna hitam. Di sana pembeli juga dapat memilih lauk sesuai yang tersedia di meja yang ada di warung. Tambahan lauk yang ada di sana diantaranya seperti krecek, terik daging sapi, telur, babat, perkedel, tempe goreng, peyek dan lain-lain.
Rasa dari Wisata Kuliner Brongkos Warung Ijo bu Padmo ini keiistimewaannya adalah terletak pada racikan bumbunya yang pas di lidah, dan setiap dagingnya juga bumbunya meresap. Kuahnya gurih, tidak terlalu kental, dagingnya pun terasa empuk, sehingga membuat para pembeli akan merasa ketagihan. Brongkos Warung Ijo Bu Padmo ini buka mulai dari pukul 7 pagi hingga 6 sore. Karena keterbatasan parkir, warung ini membuka cabang yang tidak jauh dari warung aslinya, yaitu di barat lampu merah Tempel. Untuk harga dari Brongkos Warung Ijo Bu Padmo ini kurang lebih sekitar Rp. 20.000. Jadi, untuk para pencinta kuliner yang belum sempat datang ke Brongkos Warung Ijo Bu Padmo ini, segera datang dan rasakan sendiri kelezatan dari brongkos ini, dijamin ketagihan untuk datang lagi!

Wisata Kuliner Brongkos
Wisata Kuliner Brongkos

Dengan semakin banyaknya tempat-tempat wisata yang menarik di Kabupaten Sleman wWisata Kuliner Brongkos menjadi salah satu tempat makan yang melengkapi objek wisata itu. Karena tak lengkap rasanya jika berwisata tidak berkuliner. So buat anda yang lagi atau ingin ke Jogja mampir dan singgah di Wisata Kuliner Brongkos Warung Ijo Bu Padmo ya.

Penulis: Anggita
Editor: Supra Yoga Pratama
Foto: kulineronline

Supra Yoga Pratama

leave a comment

Create Account



Log In Your Account