Wisata Kuliner Olahan Belut & Lele Sari Rasa merupakan dapur untuk pengolahan belut dan lele yang terletak di Margokaton, Seyegan, Sleman. Usaha ini sudah dirintis sejak tahun 2011 silam. Berawal dari Sumarmi setelah mengikuti pelatihan membuat olahan ikan yang saat itu digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sleman, kemudian dipraktekan di rumah dan mulai berinovasi. Produk awalnya ditawarkan ke sekolah dan kampus, kemudian dia terus berinovasi dan mengembangkan produk. Dari sinilah branding Sari Rasa mulai terbentuk.
Produk dari Sari Rasa ini diantaranya ada keripik belut, ikan wader, bayam, pare, tempe serta abon belut dan abon lele. Usaha Wisata Kuliner Olahan Belut & Lele Sari Rasa ini saat ini diteruskan oleh anak dari Sumarmi, Opi Novianti. Menurut Novi, belut dan lele merupakan komoditas yang mudah didapatkan di lingkungan sekitar dengan harga yang terjangkau, mudah dan murah, selain itu gizi yang terkandung di dalam belut dan lele besar, hal ini dijadikan alasan dalam memenuhi bahan baku untuk produk Sari Rasa. Dalam 1 pekan, Sari Rasa bisa mengolah hingga 100 kilogram belut, dan 60 kilogram lele.

Wisata Kuliner Olahan Belut
Wisata Kuliner Olahan Belut

Pilihan oleh-oleh produk Wisata Kuliner Olahan Belut & Lele Sari Rasa ini tidak seperti produk lainnya yang biasanya hanya memiliki rasa gurih, produk Sari Rasa ini terdapat berbagai macam variasi seperti belut rasa balado, keripik belut pedas, lele krispi, abon lele pedas, dan abon lele manis. Produk Sari Rasa ini juga menggunakan bahan berkualitas sehingga hasilnya renyah, gurih, enak dan tanpa MSG. Dalam memasarkan produk Sari Rasa ini, Novianti dan ibunya kerap berpromosi lewat arisan-arisan, mengikuti pameran, juga melalui media sosial seperti Twitter, Facebook dan instagram. Pada masa normal, rata-rata penjualan semua jenis kripik dalam sebulan mencapai 25 kilogram, namun pada momen khusus seperti Hari Raya, penjualan prosuk Sari Rasa ini dapat melonjak menjadi 15 kilogram per harinya. Keripik Sari Rasa ini untuk pembeli eceren dengan ukuran 1 ons dibandrol dengan harga sekitar Rp. 20.000 hingga Rp. 25.000,-. Prodak-prodak ini sangat cocok di jadikan oleh-oleh jika anda berkunjung ke Kabupten Sleman dan mampir ke Wisata Kuliner Olahan Belut & Lele Sari Rasa.

Penulis : Anggita
Editor : Supra Yoga Pratama
Foto :

Supra Yoga Pratama

comments

leave a comment

Create Account



Log In Your Account